Berita

Dipastikan Maju Pilpres 2024, PDIP Prediksi Banyak Partai Politik Lain Usung Ganjar Jadi Capres

×

Dipastikan Maju Pilpres 2024, PDIP Prediksi Banyak Partai Politik Lain Usung Ganjar Jadi Capres

Sebarkan artikel ini
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPP Bidang Luar Negeri PDIP Ahmad Basarah saat menggelar konferensi pers di Gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meyakini partai politik lain akan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) usai pihaknya mengusung gubernur Jawa Tengah itu untuk maju Pilpres 2024.

Nantinya, PDIP juga akan melakukan komunikasi dan kontak politik dengan partai lain. Namun, partai-partai yang akan dijajaki masih dirahasiakan.

“Di luar itu tentu saja sebagaimana kami katakan bahwa bandul politik akan bergerak setelah Ibu Megawati Soekarnoputri umumkan capres. Maka, berbagai kontak dengan parpol lain itu juga dilakukan, hanya kami mohon maaf tidak bisa sebutkan,” kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023)

Kemudian, Hasto memberikan isyarat bahwa ke depannya akan ada partai-partai lain yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk maju di Pilpres 2024.

“Nanti kita tunggu saja bahwa minggu-minggu ini akan muncul deklarasi dari parpol lain yang mendukung capres dari PDIP Bapak Ganjar,” papar Hasto.

Lebih lanjut, Hasto berujar bahwa Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputeri menyampaikan pesan kepada Ganjar agar menjadi pemimpin yang bijaksana dan baik dan tidak terlena serta bisa menampung aspirasi rakyat.

“Tadi kami juga mengingatkan bagaimana pesan yang disampaikan Bu Mega kepada Ganjar bahwa menjadi pemimpin itu harus bijaksana dan baik, baik dan bijaksana sehingga melihat istana bukan dari sisi terangnya tetapi juga sisi gelap dan tanggung jawabnya bagi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara,” kata Hasto memungkasi.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto menghormati pernyataan Plt Ketua Umum PPP Mardiono yang menyebut Sandiaga Uno cocok dampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasto menilai, ketua umum partai boleh memiliki pandangan politiknya sendiri. Hal ini pun harus dihormati, mengingat pemilu sebentar lagi akan dilaksanakan dan terus berkembang dalam pemetaannya.

“Ya setiap ketua umum partai punya pandangan berdasarkan pemetaan atas politik yang berkembang, kami hormati pendapat dari setiap ketum,” kata Hasto saat konferensi pers di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023).

Namun, terkait siapa yang akan mendampingi Ganjar nantinya, Hasto mengaku akan melakukan pengerucutan terhadap nama-nama yang muncul. Ini berdasarkan pengalaman dari dua periode pemilu sebelumnya.

“Tapi nanti akan ada sebagaimana pengalaman 2014 dan 2019, akan ada pengerucutan terhadap siapa yang akan mendampingi pak Ganjar Pranowo,” ujar Hasto.

Kemudian, untuk saat ini terkait dengan nama-nama yang akan menjadi pendamping Ganjar, Hasto menuturkan biarkan berjalan secara dinamis sesuai dengan harapan rakyat Indonesia.

“Sekarang katakanlah itu masih menjadi suatu teka-teki, tapi kalau kita baca dinamika yang berkembang dari harapan rakyat sebenarnya ada suatu arah yang jelas,” jelas Hasto.