Berita

Ade Armando Tuding Anies Baswedan Pakai Politik Identitas Demi Pilpres 2024

×

Ade Armando Tuding Anies Baswedan Pakai Politik Identitas Demi Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ade Armando. (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ade Armando menuding apabila Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024, pasti memainkan politik identitas.

Anies Baswedan merupakan calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan dengan komposisi Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Menurut Ade Armando, Anies berulang kali menyebut politik identitas sebagai sesuatu yang normal. Bagi dosen Universitas Indonesia (UI) itu, politik identitas menjadi musabab utama pemantik polarisasi di tengah masyarakat.

“Kalau Anies masih maju, pasti ada (politik identitas). Kan dia sudah berulang kali bilang politik identitas itu boleh. Normal dia bilang. Engggak ada yang harus disalahkan,” kata Ade kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Ade Armando memastikan apabila Anies maju pada Pilpres 2024 mendatang, maka eks Gubernur DKI Jakarta itu akan menggunakan politik identitas demi mengerek elektoral.

“Pertanyaannya hanya satu, Anies-nya akan maju enggak? Kalau Anies maju pasti ada politik identitas, enggak mungkin gak ada,” katanya.

Dia menyesalkan Anies dengan gelar doktornya masih memainkan dan memanfaatkan politik identitas.

“Terus dia komentar di mana gitu baru-baru ini yang dia bilang politik identitas itu sesuatu yang normal. Ya tentu saja mengherankan, seorang doktor bisa menyangka politik identitas itu artinya identitas, bukan politiknya, bahwa ada laki-perempuan, kalau ada laki perempuan bertarung pasti identitas keperempuanannya akan digunakan,” kata Ade Armando.