Berita

I Wayan Koster Ajak Warga Bali Berdoa agar FIFA Coret Israel dari Piala Dunia U-20

×

I Wayan Koster Ajak Warga Bali Berdoa agar FIFA Coret Israel dari Piala Dunia U-20

Sebarkan artikel ini
Gubernur Bali I Wayan Koster. (foto: Instagram/@kostergubernurbali).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur Bali I Wayan Koster mengajak masyarakat Pulau Dewata untuk bersama-sama berdoa agar Federasi sepak bola dunia atau FIFA mencoret Israel dari turnamen Piala Dunia U-20 2023.

Pernyataan ini ia kemukakan di tengah-tengah kabar pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Saya mengajak masyarakat Bali untuk mendoakan bersama agar FIFA tergerak hatinya untuk tetap berlaku adil dengan mencoret tim Israel dalam kejuaraan Dunia FIFA U-20,” kata I Wayan Koster dikutip dari keterangannya di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Dia berharap FIFA yang saat ini dipimpin oleh Gianni Infantino itu dapat berlaku adil seperti ketika mencoret Rusia dari ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

“Sama dengan sikapnya ketika mencoret timnas Rusia dalam kejuaraan Dunia FIFA Tahun 2022 di Qatar,” tutur politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu.

Koster menegaskan, penolakan terhadap Timnas Israel untuk bertanding di Bali merupakan tanggung jawabnya sebagai Gubernur Bali.

Menurut dia, sikap tersebut didasari pada prinsip kemanusiaan, sejarah, dan tanggung jawab pergaulan antarbangsa.

Maka itu, Koster menilai batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 ini justru dapat dijadikan sebagai momentum untuk membangun sepak bola yang menjunjung tinggi kemanusiaan, perdamaian, dan keamanan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kecewa dan sedih begitu mendengar kabar Federasi sepak bola dunia atau FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Saya tahu keputusan ini membuat banyak masyarakat kecewa. Saya pun sama juga merasakan hal itu, kecewa dan sedih,” kata Presiden Jokowi dikutip dari video Sekretariat Kabinet di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Kendati begitu, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk tetap solid demi perbaikan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) ke depannya.

“Tapi jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain,” tutur Jokowi.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD