Berita

Hadiri RDPU dengan Komisi III terkait Transaksi 349 Triliun, Mahfud MD Siap Layangkan Ultimatum?

×

Hadiri RDPU dengan Komisi III terkait Transaksi 349 Triliun, Mahfud MD Siap Layangkan Ultimatum?

Sebarkan artikel ini
Ketua Komite Koordinasi Nasional dan Pemberantasan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Mahfud MD saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan anggota Komisi III DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023). (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Suasana rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi III DPR RI dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana pada Rabu (29/3/2023).

RDP ini dilakukan terkait dugaan transaksi Rp349 Triliun di dalam tubuh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyorot perhatian publik.

Menurut pantauan tim TeropongNews, suasana meriah hadir saat Mahfud MD masuk menuju ruang rapat Komisi III.

Mahfud sempat menyapa para peserta rapat namun terlihat acuh dan cuek saat bertemu dengan anggota Komisi III DPR RI.

Kedatangannya disambut langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni serta anggota lainnya termasuk Arteria Dahlan dan Benny K Harman pun tampak hadir.

“Siap-siap pak Benny dan Arteria, oke Pak Mahfud sudah siap ya, kita buka rapat ini,” ucap Sahroni sambil tersenyum sebelum membuka RDP, Rabu (29/3/2023).

Tampak hadir pula Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Agus Andrianto duduk beriringan dengan Mahfud.

“Oh ada Kabareskrim juga ternyata disini,” sambung Sahroni.

“Saya disini sebagai anggota Komite,” sahut Agus.

Lebih lanjut, Sahroni menyayangkan absennya Menteri Keuangan Sri Mulyani yang diharapkan bisa memberikan klarifikasi buntut dugaan transaksi mencurigakan di tubuh Kemenkeu yang menyorot publik.

“Sayang bu Sri Mulyani ga hadir, jadi kurang seru,” jelasnya.

Diketahui, Mahfud MD menegaskan akan hadir menjawab panggilan Komisi III DPR RI selaku Menko Polhukam sekaligus Ketua Tim Pengendalian TPPU. 

Dalam kicauannya, Mahfud MD pun mengaku siap berhadapan langsung dengan Komisi III DPR RI, khususnya Benny K Harman, Arteria Dahlan dan Arsul Sani. 

Mahfud MD bahkan melayangkan ultimatum kepada mereka agar tidak mencari alasan untuk absen ketika dirinya menghadiri undangan ke Komisi III DPR RI. 

“Bismillah. Mudah-mudahan Komisi III tidak maju mundur lagi mengundang saya, Menko Polhukam/Ketua KNK-pp-TPPU. Saya sudah siap hadir, Saya tantang Sodara. Benny K. Harman juga hadir dan tidak beralasan ada tugas lain. Begitu juga Saudara Arteria dan Saudara Arsul Sani jangan cari alasan absen,” tulis Mahfud dalam akun instagram (ig) pribadinya, melalui story ig.