Berita

Ema Meminta Generasi Muda Harus Amalkan Nilai Pancasila di Berbagai Kegiatan

×

Ema Meminta Generasi Muda Harus Amalkan Nilai Pancasila di Berbagai Kegiatan

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, saat mengumumkan hasil seleksi Calon Paskibraka Kota Bandung yang akan mewakili Kota Bandung ke Tingkat Provinsi Tahun 2023, di Auditorium Rosada, Kamis (30/3/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna meminta generasi muda, untuk mengamalkan nilai Pancasila dengan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan mengikuti Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Hal tersebut diungkapkan Ema saat mengumumkan hasil seleksi Calon Paskibraka Kota Bandung yang akan mewakili Kota Bandung ke Tingkat Provinsi Tahun 2023, di Auditorium Rosada, Kamis (30/3/2023).

“Paskibraka menurut saya tidak identik dengan baris-berbaris saja, tetapi bagian dari implementasi mengaktualisasikan nilai-nilai dan butir-butir Pancasila,” kata Ema.

Ema mengatakan, materi-materi yang diberikan pada seleksi Calon Paskibraka Kota Bandung sejalan dengan Misi Kota Bandung. Terutama pada Misi 1, yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM), baik aparatur maupun masyarakat yang berkompetsi dan berdaya saing.

“Muncul rasa cinta dan tanggung jawab terhadap tanah air, sehingga dalam pelaksanaan paskibraka menunjukan komitmen, disiplin dan kebersamaan. Itu menunjukan semangat aktulasi rasa cinta kepada negara,” katanya.

5398
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ema juga mengumumkan empat orang calon Paskibraka Kota Bandung yang akan mewakili Kota Bandung ke Tingkat Provinsi. Keempat orang tersebut yakni:

  1. Muhammad Forrel Arraafi (SMAN 20 Bandung)
  2. Gusfiar Althaf Mahendra (SMAT Krida Nusantara)
  3. Cabbyan Davita Gunawan (SMAN 7 Bandung)
  4. Gifarinu Dwinanty (SMA Pasundan 1)

Ema berharap, para perwakilan Kota Bandung tersebut akan memberikan hasil yang terbaik, dan membawa nama baik Kota Bandung.

“Jangan kecewa untuk yang tidak terpilih. Bagi yang lolos terus konsentrasi dan semangat membawa nama baik diri, keluarga sekolah, dan masyarakat Kota Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi mengatakan, seleksi Calon Paskibraka di Kota Bandung telah berlangsung sejak Januari sampai Maret 2023, dengan total peserta 580 orang dari SMA, SMK, dan MA se-Kota Bandung.

“Kegiatan hari ini intinya adalah pengumuman hasil seleksi calon paskibra Kota Bandung, yang Insyaallah akan mewakili ke tingkat provinsi Jawa Barat,” kata dia.

“Setelah melalui berbagai seleksi terpilih 28 peserta yang dikerucutkan kembali menjadi 4 peserta, yang mewakili Kota Bandung ke tingkat Provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.

Bambang mengatakan, program seleksi Paskibraka ini diharapkan masyarakat dapat diberikan pendidikan tentang ideologi Pancasila, kesadaran, dan konsep tentang pendidikan pasukan pengibar bendera pusaka yang terdiri dari nilai-nilai cinta tanah air, rela berkorban dan yakin akan ideologi Pancasila.