Berita

Selalu Pakai Kemeja Empat Kantong, Prabowo Terinspirasi Soekarno-Hatta dan Sutan Syahrir

×

Selalu Pakai Kemeja Empat Kantong, Prabowo Terinspirasi Soekarno-Hatta dan Sutan Syahrir

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengenakan seragam khasnya pada HUT ke-15 Gerindra di Jakarta Selatan, Senin (6/2/2023).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menceritakan soal kemeja khas yang acap kali dikenakan Ketua Umum Prabowo Subianto. Kemeja itu berwarna putih dan memiliki empat kantong.

“Warna putih dan celana panjang krem. Kantongnya banyak. Tentang seragam ini ada ceritanya,” kata Ahmad Muzani kepada wartawan di Jakarta, dikutip Teropongnews, Senin (6/2/2023).

Muzani mengungkapkan, mengenai kemeja empat kantong tersebut, sebetulnya Prabowo terinspirasi dari baju yang pernah dipakai oleh Sang Proklamator Soekarno, Wapres RI ke- 1 Mohammad Hatta, dan Sutan Syahrir. Namun, Prabowo memodifikasinya, agar tidak sama dengan desain klasik.

“Yang memakai baju model seperti itu. Desain seragam partai adalah pilihan Prabowo Subianto,” kata dia.

Menurut Muzani, sebelum berupa seragam, desain awalnya ialah kemeja putih seperti baju buruh, dengan kerutan di bagian pinggang.

5165
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Di bagian dada kanan kiri banyak lencana partainya,” tutur dia.

Namun, setelah Pemilu 2009, lanjut Muzani, Prabowo Subianto mengenalkan style baru yang dipakai hingga sekarang.

“Yaitu, kemeja dengan kantong empat. Tanpa kerutan di pinggang, tapi lencana dan lambang partainya masih ada,” ucapnya.

Muzani melanjutkan, sementara pada Pemilu 2014, Prabowo tidak lagi mengenakan mode lencana-lencana partai. Ia meyakini lama-kelamaan masyarakat pun menganggap setiap warna putih dan krem identik dengan Gerindra.

“Hanya kemeja putih kantong empat dan celana panjang krem. Dan gaya itu digunakan sampai sekarang. Masifikasi pada model seragam ini,” kata Ahmad Muzani.

Muzani juga mengungkap hal penting, di sisi lain sebetulnya Prabowo lebih suka menyebut para kader Gerindra dengan sebutan pejuang politik. Bukan politisi.

“Pejuang politik itu melekat dalam diri, dan aktif. Sedangkan politisi, seperti kata sifat,” kata Muzani.