Berita

PKS dan Dubes AS Bahas Demokrasi dan HAM di Indonesia

×

PKS dan Dubes AS Bahas Demokrasi dan HAM di Indonesia

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengaku senang dengan kegiatan kunjungan Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia ke Kantor DPP PKS di Jakarta Selatan, Rabu hari ini.

Ahmad Syaikhu mengatakan, sebuah kehormatan bagi PKS dapat berdiskusi hangat dengan Dubes AS untuk Indonesia Sung Yong Kim. Hal ini dilakukan semata demi memajukan demokrasi di RI. Presiden PKS berharap, ke depan hubungan diplomatik antara Indonesia dan AS bisa berjalan semakin baik.

“PKS sebagai salah satu partai politik di Indonesia selalu akan selalu mendorong kemitraan strategis antara Republik Indonesia dan Amerika Serikat semakin maju dan baik,” kata Ahmad Syaikhu dalam jumpa persnya di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023).

Ahmad Syaikhu menilai partai politik merupakan salah satu pilar terpenting dalam negara demokrasi. Dia memastikan bahwa PKS ingin demokrasi di NKRI ini tetap sehat, menjunjung tinggi kebebasan sipil, perlindungan hak asasi manusia (HAM) dan kelompok minoritas, serta adanya penegakan hukum yang adil dan profesional.

“Kami di PKS ini mengingat betul visi pemerintahan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden, di mana PKS berkomitmen untuk menjadi salah satu elemen bangsa yang ingin menjaga demokrasi di RI,” ujarnya.

Di sisi bersamaan, PKS juga mendukung penuh diplomasi pemerintah Indonesia dalam upaya menciptakan stabilitas dan perdamaian baik di kawasan maupun di level dunia.

“Kami menginginkan agar seluruh bangsa-bangsa di dunia menghormati kedaulatan politik setiap bangsa dalam mengatur dan mengelola bangsanya. Prinsip non-intervensi harus kita pegang sebagai norma global dengan tetap menjaga nilai-nilai demokrasi dan kemanusiaan sebagaimana amanat dalam piagam PBB” ucap Ahmad Syaikhu.

Sementara, Dubes AS untuk Indonesia Sung Yong Kim dalam pertemuan tersebut juga merasa senang dapat berdiskusi hangat dengan para petinggi PKS.

Menurut Sung Yong Kim, dirinya bersama para petinggi PKS berbincang soal
kuatnya hubungan AS dengan Indonesia, serta membahas agar kedua negara tersebut bisa memperdalam hubungan di level ekonomi.

“Bagaimana kita bisa memperdalam hubungan untuk menjawab tantangan-tantangan permasalahan global yang ada di dunia. Terpenting, tadi sudah disebutkan oleh Presiden PKS bahwa kami mengafirmasi. Kami menegaskan komitmen kuat kami untuk terus mendukung demokrasi dan HAM yang ada,” jelas Sung Yong Kim.

Turut hadir dalam dialog ini, yaitu Badan Pengembangan dan Pembinaan Luar Negeri PKS Sukamta dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.