Berita

Jelang Ramadhan, Pemkot Ternate Serius Lakukan Upaya-upaya Tekan Inflasi

×

Jelang Ramadhan, Pemkot Ternate Serius Lakukan Upaya-upaya Tekan Inflasi

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyatakan, pihaknya serius dalam melakukan upaya-upaya penekanan inflasi, dengan terus berkolaborasi dengan pihak Bank Indonesia (BI), forkopimda dan stakeholder lainnya, terutama menjelang bulan suci Ramadhan.

“Pemda akan melihat kembali seberapa jauh detreminan dari APBD dan itu setahun. Tapi pasti ada kaitannya juga, dengan langkah-langkah kita, untuk menghadapi inflasi dalam waktu dekat,” ucap Wali Kota kepada wartawan, di Ternate, Jumat (17/2/2023).

Menurutnya, ada dua momen yang menjadi poin penting dalam pengendalian inflasi, yaitu jelang Ramadhan, dan menuju lebaran nanti, karena pada momen seperti itulah terjadi lonjakan harga di pasar.

“Insha Allah saya juga secara langsung akan mengikuti perkembangan ini. Karena ini adalah bagian dari kinerja APBD Kota Ternate. Kita tidak mengejar ada sesuatu yang kita dapatkan, tetapi memang kalau menyangkut dengan inflasi harus antisipasi,” pungkasnya.

“Jadi, kalau jelang ramadan atau lebaran kemudian terjadi lonjakan harga dan ketersediaan, maka pemda melalui TPID juga akan berupaya maksimal dengan turun sebagai eksekutor, yang akan dilakukan oleh OPD terkait, dan itu adalah kewenangan yang saya miliki sebagai Kepala Pemerintahan di Kota Ternate,” tambahnya.

5165
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Wali Kota menegaskan, jika ada lonjakan harga yang signifikan, maka pemkot akan menyurat ke pihak terkait, untuk meminta penyesuaian dan memprioritaskan kebutuhan utama. Contohnya, kendala pada transportasi, sehingga persoalan bongkar muat juga tidak mengganggu dengan kenaikan harga.

“Tapi kita tetap menyurat, untuk meminta percepatan atau pendahuluan apa-apa saja, yang jadi kebutuhan utama oleh masyarakat,” tutupnya.