Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Dinkes Kalsel Siapkan Pengamanan Kesehatan di Haul Akbar Guru Sekumpul

×

Dinkes Kalsel Siapkan Pengamanan Kesehatan di Haul Akbar Guru Sekumpul

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Menjelang Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18 yang diinisiasi ulama, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung pelaksanaan tersebut. Salah satunya Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dalam pengamanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin mengatakan, setiap tahunnya dalam kegiatan haul, Dinkes Kalsel selalu terlibat dalam pengamanan kesehatan di sekitar lokasi acara.

Example 300x600

Di tahun ini, Dinkes Kalsel melakukan pengamanan kesehatan seperti pengamanan makanan, menyiapkan posko-posko, serta menyiapkan rumah sakit lapangan.

“Pengamanan makanan untuk menghindari adanya keracunan massal, akibat makanan yang tidak baik atau tercampur racun dan sebagainya,” kata Diauddin kepada wartawan, di Banjarmasin, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, untuk posko saat ini sudah ada sekitar 20, yang kemungkinan akan terus bertambah melihat situasi, dan kondisi di lapangan yang juga disiapkan oleh kabupaten/kota terdekat serta rumah sakit.

“Untuk titik posko diletakkan di lokasi strategis, yang dilewati para jamaah haul, dengan fasilitas kesehatan meliputi obat-obat ringan,” ujar dia.

Selain posko kesehatan, dia mengaku, pihaknya juga menyiapkan rumah sakit lapangan dengan fasilitas kasur dan oksigen, serta dokter agar bisa ditangani oleh pihak rumah sakit lapangan, dan tidak perlu lagi dirujuk langsung ke rumah sakit umum.

“Hal tersebut dilakukan karena proses evakuasi sulit, dikarenakan jalan sudah tertutup sehingga ambulan tidak bisa lewat. Maka kami sudah menyiapkan jalur evakuasi sungai, jika memang harus di rujuk ke rumah sakit umum,” katanya

Oleh karena itu, untuk tenaga kesehatan yang diturunkan saat kegiatan haul, sebanyak 300 lebih nakes, dan kemungkinan juga akan bertambah.

“Masih bisa bertambah, karena banyak yang ingin menyumbangkan tenaga dan ilmunya pada haul Abah Guru Sekumpul,” pungkas Diauddin.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *