Berita

Tahun 2024, Generasi Muda Suku Moi Siap Jadi “Kepala, Bukan Ekor”

×

Tahun 2024, Generasi Muda Suku Moi Siap Jadi “Kepala, Bukan Ekor”

Sebarkan artikel ini
Generasi Muda Moi, Marthen Milli, S.Sos, M.AP (Kiri), Marko Kadakolo (tengah), Sulaiman Merin (Kanan). Foto Hizkia/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Generasi Muda Suku Moi menyatakan siap jadi pemimpin di tanahnya sendiri, mereka tak ingin menjadi “ekor tetapi kepala” pada Pilkada 2024 mendatang.

Marthen Milli, S.Sos, M.AP, salah satu generasi muda moi yang dijumpai media ini mengatakan orang moi saat ini sudah siap secara sumber daya manusia untuk menjadi pemimpin di negerinya sendiri, minimal menjadi kepala dan bukan ekor.

“Kami orang moi merasa bahwa kami sudah siap dari sisi sumber daya manusia, kami siap untuk berpartisipasi, dan kami merasa bahwa kami bukan ekor lagi, tapi kami siap jadi kepala, generasi moi terbaik kami siapkan maju di tahun 2024 dengan figur-figur terbaik, kami sampaikan bahwa kami orang moi tidak diragukan untuk menjadi pemimpin di tanah kami,” ucap Marthen Milli.

Menurutnya stigma yang beredar bahwa orang moi belum siap adalah stigma yang salah yang sengaja disampaikan oleh orang yang tidak menginginkan orang moi jadi pemimpin di negerinya sendiri.

“Kami tidak duduk diam tetapi kami siap untuk menata perubahan perubahan menyangkut Papua Barat Daya yang diperjuangkan untuk hadir di wilayah Sorong raya. Kami generasi moi mengambil bagian dan berpartisipasi langsung dalam perubahan yang terjadi sehingga ada stigma-stigma yang mengatakan bahwa orang moi belum mampu, belum siap, inikan stigma-stigma yang negatif,” Beber Marthen.

Terkait Pilkada 2014 mendatang generasi muda moi telah menyiapkan beberapa putra terbaiknya untuk ikut bersaing dalam perebutan pemimpin di kota Sorong maupun provinsi Papua barat daya yang direncanakan.

“Menyangkut tahun 2024, kami generasi muda moi telah memilih beberapa orang terbaik yang kami akan siapkan, kami tidak pernah mundur selangkah pun untuk bertarung, kami tetap berjuang sampai titik darah penghabisan,” Ucapnya.

Namun demikian, sebagai generasi muda moi, pihaknya mengapreasi masyarakat Nusantara yang berada di kota Sorong yang telah bersama sama membangun daerah malamoi sampai saat ini, kebersamaan umat beragama pun turut diapresiasi generasi muda moi selama ini. Sebagian generasi muda, mereka berharap kebersamaan ini terus untuk dijaga.

“Kami apresiasi masyarakat Nusantara yang ada di tanah moi yang mana telah bersama kami membangun daerah ini, kebersamaan yang ada kami terus pupuk dan jaga, toleransi umat beragama pun kita jaga. Kepada masyarakat nusantara yang ada di tanah moi,” tandas Marthen di salah satu kafe di kota Sorong.

Senada dengan Marthen Milli, Salah satu generasi moi yang juga aktif sebagai kader GMNI Tanah Papua, Marko Kadakolo mengatakan generasi moi sangat siap untuk maju dalam Pilkada kota Sorong dan siap mengambil kendali kepemimpinan di kota Sorong.

“Kami generasi muda moi siap untuk menyambut perubahan-perubahan termasuk siap untuk wacana provinsi Papua barat daya yang akan dicanangkan, dan untuk Pilkada kota Sorong kami telah siapkan figur terbaik dari moi,” ucap Marko Kadakolo.