Tim saat survey lokasi penyelaman di pulau matan. (sources foto: Wawanmangile)

 1,577 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebanyak 75 penyelam di Kota Sorong meriahkan pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang dilaksanakan oleh Sorong Diving Team (SDT).

Pada ahun 1996 pernah menjuarai kejuaran selam Orientasi Bawah Air (OBA), kali ini SDT meneguhkan kecintaan pada negeri dengan menggelar acara heroik pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut Pulau Matan, Minggu (16/8/2020).

SDT adalah wadah berkumpulnya para penyelam profesional dari beragam instansi, lembaga dan akademisi di Kota Sorong. Organisasi yang diresmikan 1993 oleh Bupati Sorong, Abraham O Atururi kala itu, diketuai oleh Edison R Koedoeboen. Sekurangnya ada 30 penyelam handal berprestasi kala itu.

Melalui momentum perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, SDT yang diprakarsai oleh para penyelam muda kembali unjuk kemampuan dengan mengajak para penyelam handal berpartisipasi mengibarkan Sang Saka Merah Putih di bawah laut eksotik Pulau Matan.

Kepala Kantor SAR Kota Sorong, Mochammad Arifin. S.AN., M.M selaku ketua SDT menyatakan bahwa kesempatan ini sangat langka, sekaligus jadi momentum penting untuk menyatukan seluruh potensi penyelam yang ada di Kota Sorong Provinsi Papua Barat.

“Pada momentum ini, kita bisa saling kenal sekaligus menebalkan semangat untuk merayakan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia. Selam dapat menjadi perekat kebersamaan dan wahana memajukan daerah,” ujarnya.

Menurt Arifin, Pulau Matan dipilih karena kondisi karakteristik bawah lautnya sangat mendukung. Mudah diakses dari Kota Sorong apalagi di perairan pulau ini amat sering dijumpai biota laut eksotik.

Biota eksotik tersebut menurutnya adalah ciri khas Pulau Matan sebagai kawasan kaya spesies seperti hiu wobegong atau dikenal sebagai hiu karpet. Lalu ada kuda laut pygmy, nudibranch serta berbagai obyek makro dan wide angle lainnya.

Sementara itu, Muhammad Nur Mandirian Syah selaku penanggung jawab teknis kegiatan ini, mengatakan bahwa pulau Matan tidak seperti pulau-pulau di sekitarnya yang memiliki arus laut yang cukup ekstrim saat menuju pasang atau surut.

“Pulau Matan visiblitasnya juga sangat cocok untuk proses pendokumentasian aktivitas bawah laut,” ucapnya.

Tak hanya bawah lautnya, di darat, pulau ini memiliki bentang pantai pasir putih nan elok serta masih ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang. Tak heran jika pulau ini menjadi incaran para wisatawan untuk berkahir pekan atau merelaksasi diri di alam terbuka.

Berita lain untuk anda

Sisihkan Gajinya, Anggota DPRD Kabupaten Sorong Ini Bagikan Bama Ditengah Wabah Corona

 1,410 total views (dibaca)  1,410 total views (dibaca) Aimas, TN – Pandemi virus Corona yang berdampak pada…

DLH Tidak Buka Pelanggan Baru Untuk Sampah Rumah Tangga

 4,075 total views (dibaca)  4,075 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten…

Karantina Terpusat Terlaksana Jika Ada Dukungan Masyarakat

 1,714 total views (dibaca)  1,714 total views (dibaca) Manokwari, TN – Rencana pemerintah daerah melalui gugus tugas…

Mantap, AirAsia Sediakan Snack Gratis Untuk Penerbangan Sorong

 2,585 total views (dibaca)  2,585 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sejak beroperasi kembali pada 4 Desember…

Mendes PDTT, A. Halim Iskandar : 61.837 Desa Salurkan BLT-DD Untuk KPM

 1,477 total views (dibaca)  1,477 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Desa yang telah menyalurkan Bantuan Langsung…

Bibit Hewan Ternak Tujuan Yahukimo Diperiksa Petugas Karantina

 1,408 total views (dibaca)  1,408 total views (dibaca) Merauke, TN – Di tengah kewaspadaan akan pandemi Covid-19…

Gubernur Sulsel: 77 Tahun Kemerdekaan RI Harus Jadi Kekuatan Pulihkan Ekonomi

 978 total views (dibaca)  978 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman…

Karya Bakti Skala Besar Kabupaten Halmahera Barat Resmi di Tutup

 5,033 total views (dibaca)  5,033 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAILOLO – Bertempat diruangan Vicon Kantor Bupati Halmahera…

Ambon dan Tual Pada Juli 2022 Mengalami Inflasi

 1,548 total views (dibaca)  1,548 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pada Juli 2022, 90 Kota IHK…

Akmal Malik: Perlu Ada Sistem Peringatan Dini Untuk Deteksi Potensi Bencana

 1,756 total views (dibaca)  1,756 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAMUJU – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal…