Berita

Pemprov Malut Dukung Promosi dan Publikasi Sail Tidore 2022

×

Pemprov Malut Dukung Promosi dan Publikasi Sail Tidore 2022

Sebarkan artikel ini
Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba mengatakan, pemerintah daerah akan mendukung perhelatan ini dengan promosi dan publikasi Sail Tidore 2022.

Tujuannya demi memperkenalkan Tidore dan Maluku Utara kepada internasional serta mensosialiasikannya ke masyarakat dunia.

“Pemerintah Provinsi Maluku Utara khususnya Kota Tidore Kepulauan, menerima dengan senang hati dan siap untuk mensukseskan Sail Tidore Tahun 2022,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Rabu (12/10/2022).

Abdul Ghani menilai, gelaran Sail Tidore 2022 akan berikontribusi membangun pariwisata daerah dan meningkatkan transaksi usaha kecil dan menengah, meningkatkan kesadaran terhadap budaya daerah, dan transportasi wilayah.

“Keseluruhan program tersebut sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dan para menteri yang hadir. Terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepedulia dan perhatian,” ucap Abdul Ghani.

5051
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sail Tidore 2022, lanjut Abdul Ghani, mengingatkannya terhadap kenangan masa lampau. Suatu hari pada era 1521, katanya, ada kedatangan bangsa Spanyol, Juan Sebastian Elcano.

Dia kemudian melakukan ekspedisi yang lebih dikenal sebagai sebuah ekspedisi maritim yang penting bagi Eropa pada abad ke-16, atau lebih dikenal sebagai ekspedisi pelayanan keliling dunia pertama.

“Yang menemukan Tidore sebagai salah satu pusat kawasan rempah dunia dari pelayaran ini juga berhasil membuktikan bahwa bumi itu bulat dengan titik nol berada di Pulau Tidore. Berdasarkan alasan sejarah ini Tidore telah ditetapkan menjadi anggota organisasi jaringan global yang beranggotakan lebih dari 35 negara,” tutur Abdul Ghani.

Dia juga menjelaskan, Sail Tidore 2022 akan memberikan dampak positif, terutama bagi penegasan Maluku Utara sebagai kawasan rempah dunia.

“Kemudian penguatan Maluku Utara sebagai kawasan maritim dunia dan penguatan kerja sama ekonomi dengan negara-negara termasuk tiga negara di Eropa yaitu Portugal, Spanyol, dan Italia,” tandas dia.