Bak Penampung Air Bersih Kampung Biga Distrik Misool Barat Kabupaten Raja Ampat, Foto Hizkia / TN

 5,322 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Raja Ampat Diminta untuk memanggil Pihak terkait dalam program pengadaan air bersih di kampung Biga Distrik Misool Barat Kabupaten Raja ampat.

Hal ini dikarenakan Pembangunan Sarana Air Bersih di Kampung Biga Distrik Misool Barat Kabupaten Raja Ampat tahun 2022 tidak dapat dikonsumsi sebagai air minum yang baik lantaran air tersebut terasa payau atau salobar.

Dari informasi yang berhasil di himpun media ini, kedalaman sumur air bersih tersebut berkisar sekitar 30 – 40 meter saja sehingga air tersebut terasa payau atau salobar, apalagi jarak sumur air bersih tersebut tidak jauh dari hutan mangrove yang berada di sekitarnya.

Salah satu warga yang ditemui di kampung Biga Selasa 24 Januari 2023 siang mengatakan air bersih yang belum lama ini dikerjakan Pemda Raja Ampat melalui Dinas Pekerjaan Umum sangat tidak layak untuk dikomsumsi.

“Air bersih ini kalau kasih mandi anak-anak badan bintik-bintik, gosok sabun juga tidak bisa berbusa karena air terasa salobar,” ujar warga yang egan namanya disebutkan ini.

“Saya juga ada bawah air satu botol Aqua sebagai sampel jika di minta untuk di uji kelayakan air bersih tersebut,” tambahnya.

Selain itu, salah satu Bamuskam Kampung Biga yang juga namanya tidak disebutkan mengatakan hal yang sama, ia menyebut warga kampung Biga mengeluh dengan kondisi air bersih di Kampung Biga yang tidak bisa digunakan untuk konsumsi.

“Masyarakat mengeluh dengan air bersih ini, air ini tidak bisa pakai untuk minum karena terasa salobar,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Raja Ampat, Abdul Hasan yang di konfirmasi media ini melalui WhatsApp,Selasa (24/01/2023) menyampaikan pihaknya segera memanggil semua pihak terkait baik Kabid Cipta Karya, PPTK dan Pihak Ketiga yang melaksanakan pekerjaan tersebut.

“segera saya panggil Kabid Cipta Karya, PPTK dan Kontraktor yang kerjakan,” ujar Kadis PU Raja Ampat menjawab Konfirmasi Wartawan media ini.

Pantauan media ini di kampung Biga Selasa, (24/01/2023) meski penggunaan air bersih tersebut tidak layak, masyarkat hanya memanfaatkan air tersebut hanya untuk mencuci.

Berita lain untuk anda

Pemprov Sulsel Keluarkan Aturan Nataru 2021, Ini Isinya

 2,549 kali dilihat 2,549 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Meski pandemi belum berakhir, kegiatan keseharian di…

AirAsia Mengoperasikan Kembali Rute Sorong – Jakarta Mulai Desember

 4,292 kali dilihat 4,292 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Mulai awal bulan Desember AirAsia akan mengoperasikan…

Satlantas Polres Merauke Bagikan SIM Gratis di Hari Bhayangkara

 2,737 kali dilihat 2,737 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Kepolisian Resort Merauke, AKBP Ary Purwanto,…

Anggaran Rp 45 Miliar Disiapkan Pemprov Sulsel Bangun Menara dan Pelataran Masjid Kubah 99

 2,282 kali dilihat 2,282 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di Center…

Dinas PUPR-BPJN Didesak Segera Bangun Jembatan Ambruk di Negeri Lima

 2,632 kali dilihat 2,632 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku mendesak Dinas Pekerjaan Umum…

Dukung Penghijauan, TNI-Polri Bersama Masyarakat Tanam Pohon Di Puncak Gunung

 2,633 kali dilihat 2,633 kali dilihat TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Korem 181/PVT menyelenggarakan Pengibaran Bendera Merah…

Kodim 1707/Merauke Gandeng Polisi Beri Penyuluhan Hukum ke Warga

 2,621 kali dilihat 2,621 kali dilihat Merauke, TN – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa…

Pertobatan Bagian Terpenting Untuk Pemulihan Dari Wabah Corona

 2,638 kali dilihat 2,638 kali dilihat Merauke, TN – Pastor Paroki Wendu di Keuskupan Agung Merauke,…

Pemkot Kembangkan Geowisata Andalan di Kota Ternate

 2,717 kali dilihat 2,717 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate terus berupaya untuk…

KPU Tetapkan Paslon AFU-ORI Kontestan Tunggal Pilkada Raja Ampat

 2,632 kali dilihat 2,632 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Raja Ampat secara…