Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana. Foto-Ist/TN

 1,014 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berfokus pada penanganan sampah, saat penyelenggaraan dan pasca kegiatan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul yang akan dilaksanakan pada Kamis (26/1/2023).

Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Haul Guru Sekumpul ini sangat mendapatkan atensi dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia maupun internasional.

“Jumlah jemaah yang datang pada saat kegiatan tahun ini hampir jutaan, sehingga tonase sampah sungguh luar biasa. Tahun lalu, karena kegiatannya normal, dan kami melakukan treatment khusus untuk pengelolaan sampah, maka kami memberi stiker pada truk yang mengangkut sampah dari kegiatan tersebut,” kata Hanifah kepada wartawan, di Banjarbaru, Rabu (25/1/2023).

Dikatakan Hanifah, pada tahun ini pihaknya juga akan memberlakukan hal tersebut, karena dirinya meyakini produksi sampah sangat luar biasa.

“Mengingat kegiatan Haul di Teluk Selong yang mana jalan relatif kecil, sehingga peluang mobilisasi truk sampah maupun pick up sampah sangat terbatas, sehingga kami menyiapkan kantong TPS yang ada di beberapa titik di lokasi sekitaran kegiatan, yaitu di Desa Tungkaran untuk wilayah titik acara, kemudian di Desa Indrasari untuk wilayah Sekumpul kami berdayakan TPS di sana serta di Astambul,” ungkap Hanifah.

Ia mengaku, pihaknya pun telah menyerahkan 50 bak sampah karet yang dimaksudkan, untuk menjadi perhatian masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan. Bak sampah tersebut nantinya akan ditempatkan pada akses menuju tempat acara di beberapa fasilitas umum.

“Kami sudah serahkan ke Pembakal di sekitar tempat acara. Sedangkan untuk dapur umum yang ada, kami hanya bisa membagikan kantong plastik besar yang nanti akan diambil oleh relawan-relawan, dan sudah menyiapkan beberapa pick up untuk menjemput sampah tersebut,” ujar Hanifah.

Menurut Hanifah, pada saat kegiatan haul nanti, sampah-sampah hanya akan dikumpulkan, dan tidak langsung dimobilisasi ke TPA, lantaran pertimbangan akses yang sangat terbatas, sehingga pihaknya akan siapkan 1.000 kantong sampah plastik besar yang dibagikan dan pasca acara akan langsung dilakukan penjemputan sampah di titik kumpul.

“Kita belum bisa proyeksikan berapa jumlah besaran sampah yang dihasilkan, kita hanya bisa menyiapkan paling tidak kita bisa kendalikan dengan menggunakan kantong sampah plastik tersebut,” terang Hanifah.

Di tempat acara pun pihaknya telah menyiapkan empat pasang kontainer plastik, sehingga pada H+1 acara sampah-sampah yang dihasilkan akan langsung diangkut.

“Kami akan kembali rapat bersama relawan dan komunitas tentang bagaimana mekanisme dan titik kumpul sampah yang dihasilkan. Akan kita sepakati selain tiga TPS yang kita siapkan, juga kontainer terbuka yang kapasitasnya relatif besar, sehingga kita harapkan nanti ada sebagian yang bisa dijemput dan diantar agar sampah tidak menyebar kemana-mana,” tandasnya.

Berita lain untuk anda

Bulan Februari 2020, Kota Sorong Mengalami Inflasi Sebesar 0,10 Persen

 3,217 kali dilihat 3,217 kali dilihat Sorong,TN – Bulan Februari 2020, Kota Sorong mengalami inflasi sebesar…

Ambon Berada di Zona Kuning, PPKM Level 2 Diterapkan

 2,752 kali dilihat 2,752 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menegaskan, dirinya…

Sekkot Ambon Serahkan Bonus ke Finalis Lomba Fashion Show

 13,710 kali dilihat 13,710 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse menepati…

PSBB di Ambon Mulai Berlaku, Jangan Melanggar Sanksinya Berat

 2,659 kali dilihat 2,659 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penegakkan sanksi selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala…

Ini Pesan Ketua MPR RI untuk Para ‘Anak Kolong’

 4,231 kali dilihat 4,231 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum…

Januari, Pasar Panca Agung Diresmikan

 2,742 kali dilihat 2,742 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Awal tahun 2021, pasar modern Panca…

Periksa Enembe, Ketua KPK Didampingi Kapolda, Pangdam dan Kabinda

 4,694 kali dilihat 4,694 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kediaman…

Tahun 2022, Kuota Pupuk untuk Merauke Turun Menjadi 9.786 Ton

 2,659 kali dilihat 2,659 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Merauke, Ratna…

Airlangga Hartarto Memuji Puan Maharani, Apakah ini Sinyal Politik?

 2,866 kali dilihat 2,866 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Memasuki tahun politik, para petinggi partai politik…

Demi Harga Diri, Ribuan Masyarakat Suku Maibrat Di Bintuni Arahkan Pilihan ke Pit-Matret

 3,341 kali dilihat 3,341 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Ribuan masyarakat suku Maibrat yang berdiri di…