Infografi COVID-19 Papua Batat, Minggu (17/5).(Foto : Ist)

Manokwari,TN– Berdasarkan update gugus tugas penanganangan COVID-19 Provinsi Papua Barat per tanggal 17 Mei 2020 terkonfirmasi 3 orang positif terpapar virus corona setelah hasil swabnya diterima.

Juru bicara gugus tugas penanganan  COVID-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap melalui keterangan persnya kepada media ini, Minggu (17/5) menjelaskan bahwa 3 pasien terkonfirmasi terpapar corona ini 2 berasal dari Kota Sorong dan 1 Kabupaten Teluk Bintuni.

Diketahui indentitas 2 pasien positif COVID-19 dari Kota Sorong masing-masing berinisial R (39) jenis kelamin perempuan, berdomisili di Jl Perikanan, Jembatan Puri, Klademak pantai, Kota Sorong.

Kemudian pasien berikunya MA (43) jenis kelamin laki-laki, alamat domisili juga di kompleks Jembatan Puri, Klademak Pantai, Kota Sorong.

Sementara 1 pasien positif dari Kabupaten Teluk Bintuni berinisial SAA (38) jenis kelamin laki-laki, beralamat di Bina Desa, Distrik Bintuni Timur, sebelumnya hasil rapid test hasilnya reaktif, setelah swabnya dikirim, hasilnya tetap positif sehingga dipindahkan.

Pasien positif SAA (38) memiliki kontak erat dengan tiga pasien positif sebelumnya yakni, MMT (31) kemudian TNH (48) dan BSH (52).

Dengan penambahan 3 pasien tersebut maka total sampel darah yang terkonfirmasi positif dari Papua Barat sebanyak 105 orang, Kota Sorong mengambil alih sementara 30 orang disusul Kabupaten Sorong 29 orang, Teluk Bintuni 22 orang, Raja Ampat 15 orang, Manokwari 7 orang, Manokwari Selatan 1 dan Fakfak 1 orang.

Selain itu, orang tanpa gejala (OTG) ada penambahan 47 orang berasal dari Kabupaten Sorong 13 orang, Teluk Bintuni 12, Teluk Bintuni, Kaimana 12, Manokwari 9 Kota Sorong 1 orang sehingga total 1064 orang, masih dalam pemantauan 772 orang dan selesai pemantauan 297 orang.

Orang dalam pemantauan (ODP) penambahan 2 orang dari Kota Sorong dan Raja Ampat sehingga naik menjadi 932 orang, masih dalam pemantauan 135 orang dan selesai pemantauan 797 orang.

Kemudian tambahan 1 pasien dalam pengawasan (PDP) dari Kabupaten Raja Ampat sehingga totalnya 66 orang, yang masih dalam pengawasan 17 sedangkan selesai pengawasan sebanyak 49 orang.

“Mari kita melaksanakan upaya-upaya pencegahan dengan menggunakan masker, sering mencuci tangan, jaga jarak saat interaksi dengan orang lain. Kurangi aktifitas di luar rumah dan tidak melaksanakan kegiatan yang memungkinkan terjadinya kerumunan massa” pesan jubir gugus tugas COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda