Maybrat, TN– Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan manfaatnya oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta mulai pada 2014 silam. Mulai dari pengobatan ringan, rawat jalan, rawat inap maupun operasi asal sesuai indikasi medis akan dijamin oleh BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN-KIS untuk pesertanya yang membutuhkan.

Merasakan sendiri bagaimana kehadiran Program JKN-KIS meringankan bebannya selaku ayah dan suami, Yosias Yumte (44) dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebagai PNS ini banyak merasa sangat terbantu pengobatan sang anak yang didiagnosa dokter mengidap penyakit paru-paru basah setahun belakang ini dan juga pada proses melahirkan sang istri.

“Untuk masyarakat yang tinggal didaerah terpencil seperti kabupaten maybrat seperti torang ini (Kami-red), dengan kehadiran JKN-KIS sangat membantu meringakan beban kami para orang tua maupun kepala keluarga. Saya sudah rasakan sendiri, mendampingi anak dan istri selama pengobatan hanya bermodalkan KIS, semuanya dijamin. Kami pun lega, KIS ini sudah menjadi penolong yang selalu ada untuk masyarakat seperti kami yang membutuhkan,” ceritanya saat berkunjung ke Kantor Kabupaten Maybrat, Jumat (13/03).

Mengaku sangat mendukung kehadiran Program JKN-KIS tersebut, ia menyatakan tak pernah mengalami kendala yang berarti terkait pelayanan di kantor maupun fasilitas kesehatan. Yosias mengaku pelayanan yang diberikan sama dengan pelayanan dengan pasien umum.

“Sekali lagi kita wajib bersyukur hadirnya Program ini, asal sesuai alurnya semua pasti dijamin dan yang terpenting pelayanannya juga tidak dibeda-bedakan. Kami merasa sangat puas berobat dengan membawa kartu JKN-KIS ini, kita semua masyarakat Indonesia harusnya menyambut baik kehadiran Program ini dan membantu keberlangsungannya untuk dimasa depan. Terima kasih BPJS Kesehatan, Program JKN-KIS ini sangat memberikan manfaat untuk kita semua,” tutupnya.

Di sisi lain, Yosias mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung Program JKN-KIS dengan cara yang bisa dilakukan sebagai penduduk indonesia yang membantu program pemerintah akan terus ada kedepannya. Dukungan tersebut seperti mematuhi alur yang berlaku, rutin memastikan kepesertaannya selalu aktif dan tak lupa membayar iuran setiap bulannya agar tak menunggak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda