Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap memberikan keterangan pers kepada awak media di Sekertariat C-19 Papua Barat, Jumat (24/4). (Foto : Abe/TN)

Manokwari,TN- Gugus tugas Provinsi Papua Barat merilis perkembangan penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) per tanggal 24 April 2020, ada penambahan dua pasien positif terpapar corona.

Juru bicara satgas Covid-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap kepada wartawan menjelaskan, dua pasien yang terkonfirmasi swabnya terpapar corona itu berasal dari Kabupaten Manokwari berjenis kelamin laki-laki.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dijelaskan bahwa 2 orang yang dinyatakan positif tertular virus corona ini sebelumnya telah dilakukan rapid tes dan positif bersama 13 rekan lainnya yang pulang dari Gowa mengikuti kegiatan Ijtima.

“Dua positif hari ini (Jumat) dari Kabupaten Manokwari, mereka ini termasuk 13 orang yang di rapid tes positif kemudian diambil swab lalu dikirim BBLK Makassar, 11 specimen yang dinilai, dari 11 itu 2 dinyatakan positif sedangkan 9 negatif sementara 2 specimen lagi tidak bisa terbaca maka diambil kembali swabnnya” jelas dr Arnold kepada wartawan di Sekertariat gugus tugas Covid-19 Papua Barat, Jumat (24/4)

Sehingga total pasien positif di Papua Barat 15 total terdiri dari Kabupaten Manokwari 5 orang, Kota Sorong 5 orang dan Teluk Bintuni juga 5 orang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tiniap mengatakan, 5 pasien postif terpapar virus corona di Manokwari telah dipindahkan ke Rumah Sakit Provinsi Papua Barat untuk mendapat penanganan yang intensif secara maksimal dari tim media.

Selain itu, 9 orang yang dirapid tes positif tetapi hasil swab dinyatakan negative corona dr Arnold Tiniap menegaskan segera dipindahkan dari 5 rekan lainnya supaya mereka jangan tertular.

Orang tanpa gejala (OTG) penambahan hanya 2 orang yaitu di Kota Sorong sehingga totalnya 293 masih dalam pemantauan 209 orang dan selesai pemantauan 84 orang. Kemudian orang dalam  pemantauan (ODP) ada tambahan 90 orang tersebar di Kabupaten Fakfak 78, Manokwari 2 dan Raja Ampat 10 jadi totalnya 803 orang, masih dalam pemantauan 249 dan selesai pemantauan 554 orang.

Selanjutnya pasien dalam pengawasan (PDP)  Papua Barat bertambah 3 orang berada di Kabupaten Raja Ampat 1 dan Kota Sorong 2 orang, totalnya 46 orang, masih dalam pengawasan 16 orang dan sudah selesai pengawasan 30 orang.

Sedangkan specimen yang diambil totalnya 229 sampel, dikirim ke BBLK Makassar 221 sampel, sudah terima hasil swab 78 sampel terdiri dari 60 negatif dan 15 positif, sementara 143 sampel yang masih ditunggu hasilnya.

“Melihat peningkatan kasus positif hari ini (Jumat) maka mari kita semua, seluruh masyarakat Papua Barat agar harus tetap waspada dan terus lakukan upaya-upaya pencegahan, kurangi kegiatan di luar rumah dengan maksud banyak tinggal di rumah” himbau Jubir Satgas Covid-19 Papua Barat.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

Waduh..! Balon Bupati Teluk Bintuni Dilaporkan Istri Pertamanya

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Salah satu bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Teluk…