BisnisPendidikan

Astra Lakukan Kolaborasi Pembinaan UMKM dengan Universitas Katolik Parahyangan 

×

Astra Lakukan Kolaborasi Pembinaan UMKM dengan Universitas Katolik Parahyangan 

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembinaan UMKM Kuliner & Kerajinan di Bandung antara Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang diwakili oleh Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala (tengah); Sekretaris Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio (kedua kiri) dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang diwakili oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unpar, Prof. J. Dharma Lesmana (kedua kanan) dan disaksikan oleh Advisor YDBA, Tonny Sumartono (kiri) dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Alumni, Inovasi, dan Bisnis Unpar, Ir. Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D. (kanan) (25/03). Dalam rangka memperluas pembinaan UMKM di Indonesia, Astra melalui YDBA berkolaborasi dengan Unpar untuk melakukan pembinaan UMKM agar naik kelas dan mandiri.

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkolaborasi  dengan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) untuk melakukan pembinaan UMKM,  khususnya di bidang kuliner dan kerajinan. Sebanyak 25 UMKM Unpar di Bandung akan mengawali program pembinaan kolaborasi ini.

Penandatangan perjanjian kerjasama  pembinaan UMKM antara YDBA dan Unpar dilaksanakan di Bandung, Senin (25/3/2024). Selain itu, dilakukan penandatanganan  komitmen pembinaan UMKM oleh perwakilan UMKM Unpar bidang kuliner dan kerajinan. 

Ketua Pengurus YDBA, Sigit P  Kumala, menyampaikan bahwa pembinaan UMKM akan dilakukan  melalui berbagai program, antara lain pelatihan, pendampingan dan fasilitasi pemasaran. 

Sigit berharap kolaborasi tersebut dapat memberikan manfaat dan dapat diikuti oleh UMKM  dengan sungguh-sungguh serta bisa mendukung kemajuan usahanya masing-masing. 

Sigit menambahkan, YDBA membuka pintu untuk memperluas kolaborasi dengan  Unpar melalui program lainnya yang melibatkan para mahasiswa Unpar, baik dalam  program pemagangan maupun perkuatan kompetensi mengenai entrepreneurship yang  sejalan dengan minat Rektor Unpar saat bertemu YDBA pada Februari 2024 lalu.  

5203
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Alumni, Inovasi, dan Bisnis Unpar Ir. Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D menuturkan, kolaborasi bersama YDBA untuk pengembangan UMKM  binaan yang kali ini menyasar UMKM berbasis kuliner dan kerajinan sangat potensial. Tak hanya mendampingi secara umum, UMKM juga nantinya akan mendapatkan berbagai benefit  melalui pelatihan disediakan YDBA melalui Lembaga Pengembangan Bisnis (LBP) Bandung  nantinya. 

“Kerja sama ini sangat menarik dan potensial. Kami dari Unpar sangat bergembira, karena  pendampingan dan pelatihan yang diberikan bukan hanya bersifat umum, tetapi 9 bulan  lamanya betul-betul mendampingi dan melatih. Tak hanya kemampuan teknis dan  manajerial, tetapi mentalitas juga dilatih sejak awal,” tuturnya. 

Catharina juga menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang terjalin bersama YDBA. Dia  pun berharap, kerja sama ini membuka peluang kerja sama lainnya, khususnya untuk  memajukan sektor UMKM. 

“Kami sangat mengapresiasi karena YDBA akhirnya bekerja sama dengan Unpar. Walau  sebenarnya kita sudah punya bentuk kerja sama secara informal yang cukup lama, namun  momentum hari ini berupa penandatanganan PKS benar-benar menunjukkan komitmen dari  kedua belah pihak,” ujarnya.