BeritaPolitik

Ini Kata Heru Budi Soal Netralitas ASN Pemprov DKI di Pemilu 2024

×

Ini Kata Heru Budi Soal Netralitas ASN Pemprov DKI di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui awak media di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat. (Foto: Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa jajaran Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen dalam menjunjung tinggi profesionalisme dengan bersikap netral. Khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempunyai aturan terkait netralitas di Pemilu 2024.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri kegiatan miliki aturan-aturan dan prosedur tetap (protap), sehingga ASN DKI Jakarta (diharapkan) dapat menjalankan tugas dengan mengusung profesionalisme. Tentunya kami juga melakukan itu untuk memberikan kenyamanan bagi warga jelang pesta pemilu 2024,” ujar Heru dalam keterangan resminya seperti dikutip TeropongNews, Selasa (14/11/2023).

Kemudian, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini tak lupa mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam memelihara kedamaian dan keamanan Kota Jakarta saat pemilu 2024 nanti.

Heru berharap, para tokoh masyarakat dan pemuka agama dapat memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan perbedaan pendapat yang mungkin muncul selama proses kampanye dan pemilihan umum.

“Hal ini tidak lepas dari posisi Jakarta sebagai barometer politik ekonomi, sosial, pertahanan, dan keamanan di Indonesia. Jakarta memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga integritas pemilu (berpedoman pada) Indeks Kerawanan Pemilu 2024,” kata Heru.

“Bawaslu juga telah menetapkan dan menempatkan Jakarta sebagai daerah paling rawan gangguan. Sehingga kita memerlukan tindakan mitigasi dan deteksi dini untuk mencegah potensi kerawanan agar tidak meluas dan mengganggu stabilitas,” tambah Heru.

Untuk itu, Heru optimis Pemprov DKI Jakarta mampu mengawal proses pelaksanaan pemilu dengan baik, sehingga dapat menjadi barometer demokrasi nasional yang sehat dan matang.

“Kita buktikan bahwa pelaksanaan pemilu di Jakarta berlangsung damai, aman, berkualitas, dan bermartabat, dengan kerja keras, keikhlasan, dan doa. Saya yakin pemilu 2024 di Jakarta akan berjalan dengan sukses, aman, adil, dan damai” pungkas Heru.

Sebelumnya diberitakan TeropongNews, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gilbert Simanjuntak menyoroti netralitas ASN. Hal yang dimaksud yakni sikap para kepala daerah dalam menyambut kontestasi Pemilu yang dilakukan secara serentak pada tahun 2024 mendatang.

Apalagi menurutnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta memiliki kedekatan khusus dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Ditambah, saat ini anak sulung dari Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal cawapres mendampingi Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Tidak ada jaminan sejumlah 173 kepala daerah yang diangkat akan bersikap netral atau adil dalam Pemilu 2024, baik Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024, maupun Pilkada di bulan November 2024,” kata Gilbert kepada wartawan, Kamis (2/11/2023).

Oleh karena itu, Gilbert mengimbau masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengawasi netralitas kepala daerah. Terlebih khusus kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang saat ini juga merangkap jabatan sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

“Ini akan terwujud bilamana rakyat ikut aktif mengawasi para Pj Kepala Daerah yang diangkat oleh Presiden yang anaknya ikut kontestasi dalam pasangan Capres-Cawapres,” jelas Gilbert.

“Para Pj Kepala Daerah, terutama Pj Gubernur DKI karena lebih dekat ke Presiden, lebih baik diwaspadai hingga nanti terbukti tidak,” tandasnya.