Berita

Pemkab Malra Gelar Hair Yot, Bupati Thaher: Mari Sukseskan FPMK 2023

×

Pemkab Malra Gelar Hair Yot, Bupati Thaher: Mari Sukseskan FPMK 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, saat membuka sasi laut, yang berlangsung di Pantai Siran Loor, Desa Faan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra, Sabtu (14/10/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, LANGGUR – Hari keempat Festival Pesona Meti Kei (FPMK) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) menggelar Hair Yot, yang berlangsung di Pantai Siran Loor, Desa Faan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra, Sabtu (14/10/2023).

Hair Yot ini ditandai dengan pembukaan sasi laut, untuk mengumpulkan hasil tangkapan di tepi pantai. Kegiatan Hair Yot sendiri, merupakan kearifan lokal masyarakat suku Kei, untuk melestarikan adat dan budaya daerah setiap tahunnya.

Kegiatan menangkap ikan secara tradisional ini dengan Wear Warat dari laut ke tepi pantai. Setibanya di tepi pantai, seluruh hasil tangkapan dipindahkan dalam keadaan hidup kedalam sero dikelilingi bambu, yang ditancapkan membentuk lingkaran.

Setelah hasil tangkapan dikumpulkan di sero, selanjutnya masyarakat akan mengambil ikan yang telah terkumpul, dengan memanah, menikam dan menombak.

Hal ini bertujuan, untuk mengumpulkan hasil laut sesuai jenis ikan yang diinginkan, dan nantinya akan dibawa pulang.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun mengatakan, hasil tangkapan tidak seberapa, namun sangat memuaskan. Dikatakan, penangkapan ikan secara tradisional yang dilaksanakan pihaknya saat ini, merupakan bagian dari promosi daerah yang bertajuk kebudayaan.

“Ini belum seberapa, namun lumayan untuk keperluan beberapa hari ke depan. Jadi, bagi basudara yang diluar sana, kalau mau makan ikan segar datang dan berwisata di Kei, karena Kei luar biasa. Hasil lautnya sangat menjanjikan,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati Thaher, kepulauan Kei kaya akan potensi dan hasil laut yang perlu dijaga, dan dilestarikan hingga anak cucu. Untuk itu dia berharap, agar potensi kelautan dan perikanan daerah akan terus-menerus diperhatikan, dan dikelola guna pengembangan pariwisata di Kabupaten Malra.

“Jadi, setelah mencari, berburu dan menangkap ikan, maka hasilnya itu kemudian kita letakkan diatas tungku kayu seperti ini untuk diasar. Ini semua hasil tangkapan ikan segar dari laut ini, bisa langsung dinikmati oleh wisatawan. Maka itu, basudara yang jauh-jauh diluar, mari datang dan sukseskan pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei 2023, di Kabupaten Malra, karena Kei adalah surganya dunia,” pungkas dia.

Selain Bupati Thaher, hadir dalam acara tersebut PJ Sekretaris Daerah Malra, Nicodemus Ubro; Danlanal Tual Kolonel Laut (P), Guntur Alamsyah; Dandim 1503 Tual, Letkol Inf. Kadek Muliarsa; Danlanud Dominicus Dumatubun, Letkol Pas Junaidi Hamsyah; Kapolres Malra AKBP, Frans Duma, S.P; Camat Kei Kecil, Joseph Dumatubun, Rat Yab Faan; para kepala desa, serta masyarakat sekitar.