LingkunganTeknologi

PAM Jaya Laksanakan Kegiatan Operasional Reservoir Komunal di Rusun Waduk Pluit

×

PAM Jaya Laksanakan Kegiatan Operasional Reservoir Komunal di Rusun Waduk Pluit

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajarannya dan Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya Arief Nasrudin saat meresmikan Resevoir Komunal PAM Jaya di Rusun Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PAM Jaya melaksanakan kegiatan operasional reservoir komunal Waduk Pluit yang berlokasi di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2023). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Hal ini dalam rangka mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada tahun 2030 bagi seluruh warga Jakarta. Serta meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

“PAM JAYA membangun empat tambahan reservoir komunal dan satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) Portable dengan total biaya investasi sebesar kurang lebih 41 Miliar Rupiah untuk perbaikan pelayanan kepada 7.741 pelanggan, dimana memiliki dampak positif bagi pelayanan air perpipaan warga Jakarta,” ujar Direktur Utama (Dirut) Arief Nasrudin kepada wartawan di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2023).

Adapun Reservoir Komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM JAYA. Air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga.

Sehingga pelanggan yang merupakan titik terjauh dari lokasi IPA PAM JAYA dapat menerima debit air yang cukup.

5106
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya. Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit berlangsung selama 3 bulan,” ungkap Arief.

“Debit air 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 m3, cakupan perbaikan 282 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain Reservoir Komunal Waduk Pluit, Hari ini PAM JAYA juga melakukan operasionalisasi 3 Reservoir Komunal lainnya di berbagai wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang meluputi:

  1. Cilincing, Jakarta Utara: Debit 100 liter per detik, kapasitas reservoir 600 meter kubik, cakupan perbaikan 6.516 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Buaran 2.
  2. Marunda, Jakarta Utara: Debit 75 liter per detik, kapasitas reservoir 560 meter kubik, cakupan perbaikan 418 pelanggan, termasuk penghuni Rusun Marunda. Sumber air berasal dari IPA Buaran 2.
  3. Tamansari, Jakarta Barat: Debit 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik, cakupan perbaikan 233 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2.

Saat ini sebanyak enam reservoir komunal yang dibangun oleh PAM JAYA, sebelumnya sudah terbangun reservoir komunal di Marunda Kepu yang sudah diresmikan pada bulan Desember 2022 dengan kapasitas reservoir 18 meter kubik untuk cakupan perbaikan 203 pelanggan.

Kemudian reservoir komunal Duri Kosambi yang diresmikan pada bulan Juni 2023 dengan kapasitas reservoir 50 meter kubik untuk cakupan perbaikan 633 pelanggan. Oleh karena itu, tahun ini PAM JAYA telah melakukan investasi perbaikan pelayanan sebesar 43,891 Miliar Rupiah untuk 8.577 pelanggan.

Lebih lanjut, selain reservoir komunal, PAM Jaya juga telah membangun IPA Portable di wilayah Muara Baru Penjaringan dengan debit 2 liter per detik dengan kapasitas 200 meter kubik. Untuk cakupan perbaikan 292 pelanggan atau setara kurang lebih untuk 400 KK di RW 17 Penjaringan.

Dalam kegiatan ini, PAM JAYA juga menyalurkan CSR kepada UPRS IV DKI Jakarta untuk perbaikan fasilitas umum Rusun di Wilayah UPRS IV. Termasuk Masjid Daarul Falah yang berada di Kawasan Rusun Muara Baru senilai Rp. 30.000.000 sebagai bentuk kepedulian PAM JAYA untuk wilayah Rusun Muara Baru yang merupakan lokasi Pembangunan reservoir komunal Waduk Pluit.

Sebelumnya diberitakan TeropongNews, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan Resevoir Komunal PAM Jaya di kawasan Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2023). Hal ini guna meningkatkan kinerja serta memberi pelayanan air bersih terhadap masyarakat sekitar.

Heru mengatakan bahwa resevouir komunal ini merupakan aset penting bagi warga DKI, lantas wajib dirawat oleh semua pihak. Saat peresmian tersebut ia didampingi langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya Arief Nasrudin.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan operasional Reservoir Komunal Waduk Pluit, bersama kita jaga fasilitas ini untuk seluruh warga Waduk Pluit,” kata Heru saat meresmikan di Rusun Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2023).