BeritaLingkungan

Bupati Merauke Datangi dan Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir

×

Bupati Merauke Datangi dan Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir

Sebarkan artikel ini
Bupati Merauke Romanus Mbaraka lakukan pantauan langsung di daerah terdampak banjir. Foto-Ist/TN
Bupati Merauke Romanus Mbaraka lakukan pantauan langsung di daerah terdampak banjir. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke Romanus Mbaraka mendatangi langsung masyarakat Buti, Kelurahan Samkai yang terdampak air pasang, Jumat (15/3/2024).

Curah hujan dan gelombang tinggi disertai angin kencang di Merauke mengakibatkan banyak rumah warga rusak dan terendam banjir.

“Saya datang untuk melihat sekalian membantu mereka dan Puji Tuhan kita serahkan apa adanya dan di Dinas Sosial kita masih punya stok bahan makanan untuk dibantu. Kita juga segera berikan bantuan rumah khususnya untuk tujuh rumah yang jatuh,” terang Romanus di lokasi terkena dampak.

Untuk pembangunan kembali rumah warga, Pemkab Merauke akan bekerja sama dengan pihak TNI Kodim 1707/Merauke untuk membangun kembali rumah roboh.

“Karena rumah mereka rumah sangat sederhana, kita berharap dalam waktu dua hari sudah bisa terbangun,” sambung Romanus.

Bukan hanya itu, bantuan pakaian juga disiapkan pemerintah sehingga masyarakat merasakan kehadiran pemerintah. Bahkan sebagian warga sudah pesisir Pantai Payum dan Buti sudah diungsikan ke GOR Head Sai Merauke oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke.

Planning ke depan, pemerintah akan membuat tanggul lanjutan dari yang sebelumnya sudah dibangun namun belum semua, sehingga bermanfaat menahan air pasangan maupun banjir di musim penghujan.