Politik

Kuasai Jawa Barat, Ridwan Kamil Jadi Rebutan Dua Capres di Pemilu 2024

×

Kuasai Jawa Barat, Ridwan Kamil Jadi Rebutan Dua Capres di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Eks Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Ridwan Kamil yang juga merupakan politisi Partai Golkar. (Foto : Ist)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat politik M Jamiluddin Ritonga menyebut eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) akan menjadi rebutan untuk mendampingi dua bakal calon presiden (bacapres) yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Jamiluddin mengatakan, politsi Partai Golkar itu merupakan sosok yang sangat superior dan dicintai masyarakat Jawa Barat. Untuk itu, secara otomatis dapat mendongkrak perolehan suara pada Pilpres 2024 mendatang.

“RK menguasai Jawa Barat yang DPT-nya paling banyak di Indonesia. Ini artinya, capres yang didampingi RK berpeluang besar untuk memperoleh suara mayoritas di Jawa Barat,” kata Jamiluddin saat dikonfirmasi dikutip TeropongNews, Kamis (14/9/2023).

Kemudian, Jamaluddin menuturkan bagi para bacapres dan partai koalisi menang di Jawa Barat adalah imipian dan hal mutlak. Sebab dari hasil rekapitulasi KPU RI, jumlah perolehan suara Jawa Barat merupakan yang paling banyak di Pulau Jawa dan di Indonesia.

“Sebab, perolehan suara mayoritas di Jawa Barat dapat membuka peluang untuk menang secara nasional,” tuturnya.

Sebagai informasi, tercatat ada 115.384.664 pemilih di pulau Jawa pada Pemilu 2024 dengan Jawa Barat yang mempunyai jumlah pemilih terbanyak di pulau Jawa maupun secara nasional. Total pemilih di provinsi ini mencapai 35.714.901 orang.

Setelah itu, Jawa Timur menempati posisi kedua dengan jumlah pemilih terbanyak di pulau Jawa yaitu sebanyak 31.402.838 orang yang diikuti oleh Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta.