Peristiwa

Yan Piet Mosso Dipastikan Lanjut Jabat Bupati Sorong, Waspada Aksi Kegaduhan

×

Yan Piet Mosso Dipastikan Lanjut Jabat Bupati Sorong, Waspada Aksi Kegaduhan

Sebarkan artikel ini
Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso. Istimewa

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Masyarakat kabupaten Sorong saat ini bisa lega lantaran sudah adanya informasi soal siapa yang bakal menjabat jadi Pj Bupati Sorong selanjutnya. Informasi itu disampaikan langsung oleh penjabat Gubernur Papua Barat, Mohammad Musa’ad kepada awak media di Raja Ampat, Senin (22/8/2023).

Pasalnya, ada pernyataan dari Aliansi Peduli Masyarakat Sorong(APMS) tentang informasi A1 dicoretnya nama Yan Piet Mosso oleh Kemendagri. Bahkan pernyataan tersebut sempat diberitakan oleh sejumlah media nasional.

Penjabat Gubernur juga menyebut bahwa satu dari tiga kepala daerah yang diganti yaitu Penjabat Walikota Sorong, sementara Penjabat Bupati Sorong dan Penjabat Bupati Maybrat tetap lanjut.

Jika demikian Yan Piet Mosso dipastikan tetap melanjutkan jaabatanya sebagai Pj Bupati Sorong. Lantas bagaimana dengan pernyataan APMS yang mengklaim telah memperoleh informasi A1 (pasti) bahwa nama Yan Piet Mosso telah dicoret?

Menyikapi kondisi tersebut, Ketua Kaukus Muda Indonesia, Edi Humaidi menjelaskan bahwa memang setiap masa trasnsisi kekuasaan ada potensi munculnya aksi pro dan kontra. Peristiwa ini selalu terjadi baik di daerah maupun dikancah nasional.

5222
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sedangkan terkait Aksi APMS yang mengaku telah menerima informasi A1 dari Kemendagri tentang dicoretnya nama salah satu penjabat Bupati di Provinsi Papua Barat Daya, Edi menduga bisa saja APMS hanya sebagai alat yang digerakkan oleh pihak yang kontra alias tidak senang dengan penjabat bupati tersebut.

” Sebaiknya seluruh elemen masyarakat di daerah yang akan terjadi pergantian kepemimpinan, tidak mudah terporovokosi oleh informasi-informasi yang sumbernya tidak kompeten dan berpotensi menimbulkan kegaduhan,” himbau Edi Humaidi.

Sebelumnya diberitakan Aliansi Peduli Masyarakat Sorong (APMS) optimistis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyiapkan pengganti pelaksana jabatan Bupati Sorong Yan Piet Mosso. Soalnya, warga Sorong menginginkan figur pemimpin baru yang lebih mendengarkan aspirasi masyarakat luas..

“Kami menerima kabar A1 bahwa Yan Piet Mosso dicoret alias tidak akan diperpanjang kembali sebagai Pj Bupati Sorong. Kami tentu mengapresiasi kabar baik ini dan memberi dukungan kepada Kemendagri untuk tidak memilih kembali Yan Piet Mosso sebagai Pj Bupati Sorong,” kata Koordinator APMS, Ari Syaputra.