Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPolitik

Setelah Usulkan Banyak Bacaleg PAN, Perhimpunan UKM Indonesia Bergerak

×

Setelah Usulkan Banyak Bacaleg PAN, Perhimpunan UKM Indonesia Bergerak

Sebarkan artikel ini
Istimewa.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Partai UKM Indonesia sudah bergabung dan berfusi ke Partai Amanat Nasional (PAN) sejak 22 Juli 2022 dan bermetamorfosa menjadi Perhimpunan UKM Indonesia yang dideklarasikan 7 Mei 2023 di Kota Solo. Sejak mendukung PAN, Perhimpunan UKM Indonesia mengusulkan banyak Bacaleg DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Perhimpunan UKM Indonesia saat deklarasi dukungan ke PAN menyatakan bahwa perjuangan politik harus disalurkan ke wadah yang tepat, agar aspirasi tersampaikan. PAN adalah wadah yang tepat untuk memperjuangkan aspirasi politik Pelaku UMKM, Koperasi, Pedagang dan Start Up UMKM dari kalangan Milenial.

Example 300x600

“Kami sudah mengusulkan kurang lebih sekitar 80-an Bacaleg DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Baik dari Aceh sampai Papua semua menyatu dan berjuang bersama untuk PAN Menang 2024,” kata Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum DPP Perhimpunan UKM Indonesia kepada media ini, Minggu (02/07/2023) di Jakarta.

Untuk Dapil DKI Jakarta, pimpinan Perhimpunan UKM Indonesia mengusulkan Syafrudin Budiman SIP, Abd. Aziz Syabibie, ST dan Li Fung Lin untuk Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta I. Selain itu ada nama Patrik Fatruan, Hj. Selvia, SE, Purwatiningsih dan lainnya, untuk Bacaleg DPRD Propinsi DKI Jakarta.

Selain itu Dapil DPR RI Jawa Barat ada nama Herdianti Puspitasari, S.Si untuk Bacaleg Dapil Jabar III, Siti Asyadira G. untuk Bacaleg Dapil Jabar I dan lainnya. Kemudian ada nama Ivonne Inawade Bacaleg DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara Ivonne Inawade.

Selanjutnya Dilla Damayanti Bacaleg Dapil DPR RI Jawa Tengah IV dan beberapa nama di DPR RI dan DPRD Propinsi Dapil Jawa Tengah. Kemudian ada nama Habib Muhammad Bacaleg Dapil Jawa Timur III dan beberapa nama di Bacaleg DPRD Propinsi Jawa Timur.

“Banyak nama yang bergabung dan menjadi Bacaleg DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, tidak bisa kita sebut satu persatu. Mereka sudah lolos seleksi penjaringan internal dan namanya sudah masuk di KPU, tinggal verifikasi administrasi untuk masuk Daftar Calon Sementara (DCS),” terang Gus Din sapaan akrabnya.

Kata Gus Din dari banyak usulan yang diserahkan ke PAN baik Dapil DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kita. Tidak semuanya lolos seleksi ada sekitar 5 persen tidak memenuhi syarat atau mengundurkan diri.

“Semua Bacaleg dari Perhimpunan UKM Indonesia sudah memenuhi kriteria dan seleksi internal PAN. Setelah masuk Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT) akan bergerak blusukan ke basis-basis kalangan UKM, Koperasi dan Pedagang,” tukas lulusan Sarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) ini.

Menangkan PAN 2024

Organisasi masyarakat Perhimpunan UKM Indonesia secara resmi sudah dideklarasikan atau dilaunching, Minggu 7 Mei 2023 di Kota Solo. Deklarasi Nasional ini mengumumkan berdirinya sebuah organisasi baru perjuangan politik para pelaku UMKM, koperasi, pedagang, serta kalangan pengusaha perempuan, disabilitas dan milenial.

Deklarasi ini juga mengumumkan Syafrudin Budiman SIP sebagai Ketua Umum dan Pendiri Perhimpunan UKM Indonesia. Selain itu Diah Warih Anjari selaku Ketua Dewan Pembina dan KH. DR. Achmad Rubaie, SH, MH selaku Ketua Dewan Pakar Perhimpunan UKM Indonesia.

“Kami sengaja menggelar Deklarasi Nasional Ormas Perhimpunan UKM Indonesia di basis kampung UMKM Kota Solo. Organisasi ini akan merangkul semua kalangan pelaku UMKM, koperasi, pedagang, serta kalangan pengusaha perempuan, disabilitas dan milenial,” kata Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum DPP Perhimpunan UKM Indonesia, 7 Mei 2023 lalu.

Dalam Deklarasi Nasional Ormas Perhimpunan UKM Indonesia diumumkan 54 nama-nama deklarator. Para deklarator atau pendiri terdiri dari banyak kalangan profesi, mulai dari pengusaha, pelaku UMKM, pedagang, politisi, pengacara, notaris, artis, seniman, aktivis pemuda dan aktivis perempuan.

“Ormas Perhimpunan UKM Indonesia hadir sebagai wadah Pejuang Usaha Kecil Menengah Indonesia (PUKMI). Baik itu secara pemberdayaan ekonomi, inkubasi bisnis, penguatan jaringan bisnis, advokasi, pendampingan dan sharing bisnis antar anggota,” jelasnya.

Berdirinya Perhimpunan UKM Indonesia adalah metamorfosa dari Partai UKM Indonesia usai resmi bergabung dan berfusi ke Partai Amanat Nasional (PAN) Jumat 22 Juli 2022 lalu. Saat itu hadir Sunarmin, SE, MM Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah memberikan sambutan.

Gus Din selalu Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia bersama pengurus lainnya menonaktifkan diri. Selain itu juga semua aktivis Partai UKM Indonesia banyak yang mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Anggota Legeslatif (Bacaleg) PAN, baik DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah Partai UKM Indonesia bermetamorfosa menjadi ormas Perhimpunan UKM Indonesia. Ormas ini akan dideklarasikan pada 7 Mei 2023 mendatang dan menyatakan diri sebagai organisasi yang mendukung dan berafiliasi kepada PAN,” kata ucap Syafrrudin Budiman SIP, Bacaleg PAN DPR RI Dapil DKI Jakarta I Jakarta Timur ini.

Menurutnya, semua anggota dan pengurus kader Partai UKM Indonesia diinstruksikan maju Bacaleg dari PAN. Untuk itu secara otomatis bekerja untuk pemenangan PAN di Pemilu 2024 mendatang, sehingga dibutuhkan wadah organisasi strategis bersama.

“Kami membentuk organisasi massa untuk penggalangan suara dukungan ke PAN. Terutama untuk kerja-kerja penggalangan massa, pemenangan dan pemantauan Pemilu 2024. Nah wadah Perhimpunan UKM Indonesia tepat untuk menggarap basis UMKM, Koperasi, Pedagang dan Kalangan Milenial,” pungkasnya.*TN.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *