Berita

Komisi D DPRD DKI Akan Tinjau Langsung Waduk Pluit yang Dipenuhi Enceng Gondok

×

Komisi D DPRD DKI Akan Tinjau Langsung Waduk Pluit yang Dipenuhi Enceng Gondok

Sebarkan artikel ini
Kondisi Waduk Pluit banyak ditumbuhi tanaman enceng gondok yang berada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. (Foto : beritajakarta.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmuda mengaku bakal meninjau langsung Waduk Pluit. Hal ini terkait dengan adanya laporan dari warga terhadap awak media soal banyaknya tanaman enceng gondok dan usangnya waduk tersebut.

Ida mengatakan pada hari Kamis (20/7) akan meninjau langsung Waduk Pluit yang ada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Untuk kepastian seperti apa hari kamis saya mau langsung ke lokasi saja. Biar saya tahu ini harus bagaimana dan seperti apa,” ujar Ida saat dihubungi awak media, Selasa (18/7/2023).

Kemudian, menurut Ida, keberadaan dua alat berat untuk di Waduk tersebut tidak menjadi masalah. Namun lanjut Ida, asalkan Waduk tersebut tetap terjaga tanpa adanya tanaman eceng gondok dan lainnnya.

“Kalau Waduknya tidak ada apa apanya, eceng gondok atau sampah itu cukup cukup saja karena sifatnya itu cuma menjaga,” kata Ida.

Sebelumnya, salah seorang warga Jakarta bernama Bayu Pamungkas (37) mengaku terkejut saat melihat kondisi Waduk Pluit saat ini. Hal ini ia lihat saat tengah melintas di sekitar waduk. Dirinya sempat menganggap, area seluas 80 hektar itu merupakan lapangan sepakbola.

Untuk itu, warga khawatir dengan banyaknya eceng gondok yang tumbuh, dapat merusak pompa saat dioperasikan untuk menyedot air hujan di wilayah setempat.

“Dari kejauhan kayak lapangan sepakbola, tapi pas dilihat dari dekat, itu rupanya tanaman eceng gondok yang menutupi permukaan air,” kata Bayu, Minggu (16/7/2023).

Sebagai informasi, keberadaan Waduk Pluit yang merupakan warisan Presiden RI Jokowi saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2013-2014 untuk mengurangi permasalahan banjir di Jakart, kini dipenuhi tanaman eceng gondok.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD