Kriminalitas

Pasca Pembubaran Simpatisan KNPB, Pemda Jamin Keamanan Tambrauw

×

Pasca Pembubaran Simpatisan KNPB, Pemda Jamin Keamanan Tambrauw

Sebarkan artikel ini
Pj. Bupati Tambrauw, Engelbertus Kocu. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Penjabat (Pj.) Bupati Tambrauw, Engelbertus Kocu angkat bicara usai terkait adanya aktivitas Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di kampung Sarwom, Distrik Bamusvama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Tambrauw didampingi Dandim 1810/Tambrauw Letkol Inf Sugiharto, Kapolres Tambrauw AKBP Bendot Dwi Prasetio, dan Ketua DPR Tambrauw Yeremias Sedik di Ignislo Hotel Sorong, Minggu (11/6/2023).

“Hari ini kami sudah rapat dengan Forkopimda untuk menjamin keamanan secara keseluruhan di kabupaten Tambrauw. Kabupaten Tambrauw dari dulu kondisinya tertib dan aman, dan tidak pernah ada gangguan keamanan,”ujar Engelbertus.

Engelbertus menjelaskan, berdasarkan hasil rapat bersama Forkopimda Kabupaten Tambrauw, ke depan pemerintah dan TNI-Polri akan dilakukan monitoring dan patroli, serta pendekatan persuasif kepada masyarakat.

“Kita bersama TNI-Polri akan lakukan pendekatan lagi dengan masyarakat secara umum, karena banyak kampung yang jaraknya jauh. Dari pemerintah juga mengakui bahwa mungkin kurang pendekatan kepada mereka sehingga menyebabkan hal-hal seperti ini. Tapi ke depan kami akan perbaiki, dan kami sudah sampaikan dalam rapat tadi. Hasil keputusan kita akan melakukan monitoring,”jelasnya.

5184
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Patroli dan monitoring tersebut akan dimulai dari Miyah Selatan arah dari Maybrat, Kebar selatan, kampung yang dekat dengan perbatasan Bintuni, serta Yembun dan Bamusbama.

“Patrolinya adalah pendekatan secara persuasif. Ini juga jadi bahan masukan bagi kami untuk menyusun program, kira-kira apa yang perlu kita lakukan untuk kampung-kampung ini, agar masyarakat mempunyai aktivitas yang positif dan mereka tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu keutuhan NKRI, “terangnya.

Sementara itu, Ketua DPR Kabupaten Tambrauw Yeremias Sedik berterimakasih kepada TNI-Polri yang terus melakukan pendekatan dengan masyarakat, sehingga keamanan dan ketertiban di kabupaten Tambrauw terus terjaga.

“Sampai hari ini kami berterimakasih kepada TNI-Polri yang dengan cepat melakukan pengamanan sehingga situasi di kabupaten Tambrauw kembali aman seperti biasanya. Saya secara pribadi menjamin keamanan di Tambrauw, dan mulai dari kemarin hingga hari ini sampai seterusnya Tambrauw tanpa tetap dalam bingkai NKRI, “pungkasnya.