BeritaKriminalitas

Sekuriti Lingkungan Berperan Penting dalam Menjaga Keamanan

×

Sekuriti Lingkungan Berperan Penting dalam Menjaga Keamanan

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sekuriti lingkungan berperan penting dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali tugas jaga pos ronda atau pos keamanan lingkungan (Pos Kamling).

Kapolres Merauke AKBP I Ketut Suarnaya mengajak para RT dan RW di Kota Merauke menghidupkan kembali Pos Kamling sebagai tugas bersama guna memastikan lingkungan tetap aman.

“Pos Kamling itu yang paling ampuh, karena patroli polisi sifatnya hanya melintas, berhenti dalam beberapa menit lalu jalan lagi, karena covernya itu luas untuk Kota Merauke. Sedangkan jumlah sarana pra sarana dan personil kami terbatas,” kata Kapolres Merauke, Kamis (18/4/2024) di ruang kerjanya.

Sehingga, lanjut Kapolres Merauke, ketika mobil patroli polisi tinggalkan daerah patroli maka yang melanjutkan penjagaan di lingkungan adalah petugas jaga di Pos Kamling.

“Itu yang dikatakan Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran serta masyarakat,” pungkasnya.

Selain Pos Ronda, di lingkungan terkecil yaitu keluarga sebagai pemilik rumah diharapkan lebih tertib menjaga kemanan diri maupun barang kepunyaan.

Contoh sederhana yakni memarkir sepeda motor di tempat yang aman agar tidak memberikan kesempatan kepada seseorang untuk melakukan kejahatan.

Memperhatikan sistem kemanan dalam rumah baik pintu pagar maupun pintu rumah dan jendela dipastikan tidak ditembus dengan mudah.

Polisi tetap berupaya semaksimal mungkin untuk terus melakukan pencegahan melalui fungsi patroli, pengungkapan pelaku kejahatan melalui Reskrim, namun yang paling penting adalah peran serta masyarakat di lingkungan terkecil itu.

Keluarga juga berperan memberikan pencegahan dalam bentuk mendidik, membina anak-anak untuk tidak terlibat dalam tindakan yang melanggar hukum. Orang tua wajib memberikan nasehat, memberikan ketegasan dan menertibkan anak-anaknya sehingga anak mampu membedakan perbuatan baik dan tidak baik.

“Yang mencegah adalah keluarga, untuk mendidik anak-anak kita supaya menjadi orang yang berada di posisi kebaikan bukan kejahatan seperti mabuk, palak-palak, minta-minta uang, mencuri dll. Selain itu peran diri sendiri untuk menjadi pribadi yang baik serta menghindari berbagai perilaku negatif baik dari orang lain maupun godaan dari dalam diri,” ajak AKBP Suarnaya.

Semua orang yang diberikan akal sehat wajib bekerja keras dan dilatih bekerja sehingga mampu memenuhi kebutuhan ekonomi, bukan bersantai-santai, hanya duduk ngumpul, bermalas-malasan, tidur-tiduran, bangun lalu berbaring sebentar lagi tidak ada aktifitas yang memastikan dirinya tetap aman dalam menjamin kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, poin terpenting lainnya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan, mengikuti ibadah atau sembahyang bersama sesama sesuai keyakinannya sehingga mendapatkan siraman rohani yang dapat menuntun seseorang tetap berada di jalan yang benar, orang berdosa bertobat, dan yang tidak mengerti menjadi paham.