Berita

Turki Sepakat dengan Israel Larang Pengunjung Sambangi Masjid Al Aqsa hingga Akhir Ramadan

×

Turki Sepakat dengan Israel Larang Pengunjung Sambangi Masjid Al Aqsa hingga Akhir Ramadan

Sebarkan artikel ini
Masjid Al Aqsa, Palestina (foto: Wikipedia).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Turki sepakat dengan keputusan Israel yang melarang pihak selain umat Islam untuk menyambangi kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur bulan Ramadan berakhir, ini dilakukan guna meredakan ketegangan, Rabu (12/4/2023).

Menurut sejumlah sumber, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan negaranya akan memberikan kontribusi apa pun yang memungkinkan untuk mengurangi ketegangan.

Lewat panggilan seluler, Menlu Turki dan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen membahas perkembangan terkini Masjid Al Aqsa, menurut sumber diplomatik Turki.

Panggilan itu berlangsung sehari setelah ada pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang larangan “naik ke Bukit Bait Suci (kompleks Masjid Al Aqsa) sampai akhir Ramadhan” bagi pengunjung dan wisatawan Yahudi.

Diketahui situasi di wilayah Palestina memanas usai 1.531 pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur dan mengusir para jemaah pekan lalu.

Diketahui, Masjid Al Aqsa merupakan tempat paling suci ketiga bagi umat Islam. Sementara, Yahudi menyebut kompleks Masjid Al Aqsa sebagai Bukit Bait Suci lantaran dua kuil Yahudi berada di tempat tersebut pada zaman kuno.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD