Berita

Terimbas Longsor, Seluruh Perjalanan KA Pangrango Bogor-Sukabumi Dibatalkan

×

Terimbas Longsor, Seluruh Perjalanan KA Pangrango Bogor-Sukabumi Dibatalkan

Sebarkan artikel ini
Tanah longsor di Kelurahan Empang, Kota Bogor membuat jalur KA Bogor-Sukabumi menjadi menggantung sekitar 15 meter, serta tembok penahan tanah (TPT) ambruk. (foto: Instagram/bpbd.kotabogor).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan seluruh perjalanan kereta api (KA) Pangrango lintas Bogor-Sukabumi (pp) dibatalkan pada Rabu (15/3/2023), imbas dari peristiwa longsor di jalur rel KM 2+6/7 antara Stasiun Paledang dengan Batutulis.

Eva pun memohon maaf atas gangguan operasional yang terjadi sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang KA.

“Untuk hari ini seluruh perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi (pp) dibatalkan,” kata Eva dalam keterangan tertulis diterima TeropongNews di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Adapun bagi calon penumpang KA Pangrango yang sudah membeli tiket dapat melakukan proses pembatalan dengan penggantian biaya tiket 100 persen di Stasiun Bogor/Paledang dan Sukabumi serta stasiun lainnya. Menurut Eva, proses pembatalan ini dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan.

Dia mengimbau kepada calon penumpang yang terdampak pembatalan perjalanan KA Pangrango Rabu ini untuk sementara waktu dapat beralih ke moda transportasi lain.

Eva mengatakan, saat ini jalur rel yang terdampak longsor akibat cuaca ekstrem tersebut masih dalam perbaikan.

“Seluruh tim Daop 1 Jakarta terus berupaya melakukan perbaikan jalur rel yang terdampak longsor dan cuaca ekstrem,” jelas Eva.

Untuk diketahui, longsoran tebing penahan tanah (TPT) di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, menyebabkan sebagian jalur rel kereta api menuju Stasiun Batutulis Bogor menggantung atau kehilangan penyangga dengan panjang sekitar 20 meter. Padahal, jalur rel tersebut merupakan akses satu-satunya ke arah Stasiun Batutulis Bogor.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD