Berita

Sering Diguyur Hujan Lebat, Sekda DKI Sambangi Pintu Air Manggarai

×

Sering Diguyur Hujan Lebat, Sekda DKI Sambangi Pintu Air Manggarai

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Joko Agus Setyono saat meninjau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023)(Foto:Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menelisik permasalahan banjir yang sering menimpa kota Jakarta, Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono meninjau rumah pompa Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2022).

Sekde menyebut saat ini Pemprov DKI Jakarta telah siap mengambil tindakan penanggulangan banjir karena memiliki fasilitas pendukung. Ia menjelaskan saat ini peran serta masyarakat juga penting agar tidak membuang sampah sembarangan, khususnya ke sungai atau kali, untuk meminimalisir potensi bencana banjir di Ibukota Jakarta.

“Penanggulangan banjir berhasil berkat arahan Penjabat Gubernur DKI Jakarta yang meminta seluruh jajaran tidak banyak bicara, tapi secara bersama bekerja terus menerus,” ungkapnya.

“Semoga hari kesadaran ini semakin meningkat. Sehingga, penanganan banjir di Jakarta bisa lebih baik dari waktu ke waktu,” sambungnya.

Ditambahkan saat ini pihaknya melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah gencar mengeruk sedimentasi sejumlah sungai untuk menampung kapsitas debit air.

Tak hanya itu, Joko mengatakan pemukiman warga yang mengalami genangan akan dilakukan pengurasan selokan dan pemeliharaan agar laju air tidak terkendala sampah dan lainnya.

“Sodetan Kali Ciliwung dan pembuatan Waduk Ciawi mampu mengurangi debit air dari hulu ke hilirnya Jakarta. Dampaknya sudah dirasakan hari ini dilihat dari kondisi air di Pintu Air Manggarai di bawah normal,” tandasnya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD