Berita

Viral Satpol PP Tendang Pedagang, Pihak Pemprov DKI Jakarta Angkat Suara

×

Viral Satpol PP Tendang Pedagang, Pihak Pemprov DKI Jakarta Angkat Suara

Sebarkan artikel ini
Video yang viral terlihat kekerasan yang dilakukan petugas Satpol PP kepada pedagang kopi keliling. Foto: tangkapan layar.

TEROPONGNEWS.COM , JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merespon rekaman video amatir yang viral dimedia sosial. Dalam video terlihat perlakuan tidak menyenangkan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terhadap pedagang kopi keliling atau biasa disebut (starling) di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat.

Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan telah memberi arahan dan instruksi kedapa petugas Satpol PP untuk terus menjaga dan mengayomi masyarakat tanpa ada unsur kekerasan serta bertugas sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya meminta seluruh jajaran Satpol PP tetap mengedepankan sisi humanis saat melakukan penindakan dalam rangka penegakan perda/pergub. Karena cara yang santun adalah solusi dalam memulai diskusi, tanpa ada unsur kekerasan,” ujar Heru dikutip Teropongnews dalam keterangan resmi, Sabtu (11/2/2023).

Heru mengatakan tindakan represifitas berlebihan tidak perlu dilakukan saat bertugas karena bisa mengganggu kenyamanan masyarakat itu sendiri, sebaliknya pedoman atau edukasi untuk masyarakat itu yang penting dan harus dilakukan.

“Ini sangat penting agar masyarakat paham bahwa dengan suasana yang tenteram dan tetap mengedepankan unsur pengayoman dan edukasi masyarakat, peraturan bisa kita tegakkan tanpa pretensi yang berlebihan,” papar Heru.

5071
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Merespon hal itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, (Kasatpol PP) DKI Jakarta, Arifin menjelaskan kronologi dan pokok permasalahan dalam video tersebut, sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Ia juga menampik adanya unsur penendangan atau kekerasan saat kejadian.

Arifin menilai pedagang kopi telah melanggar aturan karena nekat berjualan di trotoar dan bisa menggangu aktifitas pejalan kaki yang melintas.

“Menanggapi kabar yang sedang viral di media sosial, bahwa pedagang kopi keliling panik dan lari saat ada patroli petugas Satpol PP kemudian terjatuh, petugas Satpol PP pun segera membantu pedagang tersebut. Perlu diketahui bahwa sudah ada aturan yang melarang berjualan di trotoar, sehingga dalam melakukan penertiban ini kami kedepankan sisi humanis dan komunikasi yang efektif dengan warga” imbuh Arifin.

Sebelumnya, viral video aksi tendangan oknum petugas Satpol PP kepada pedagang kopi yang dibagikan laman Instagram @net2netnews. Kemudian, dibagikan kembali oleh aktor sekaligus pegiat aksi sosial Tubagus Zainal Arifin melalui Instagram @uncle_teebob.

Dalam video, terlihat pedagang kopi ‘starling’ jatuh tersungkur saat mengkayuh sepeda yang di kendarai. Tak lama, terlihat dua orang petugas diduga anggopa Satpol PP berdiri di samping pedagang.

Namun rekaman video tersebut sempat terhalang kendaraan yang melintas sehingga tidak jelas aksi penendangan yang membuat pedagang tersungkur jatuh.