Penyerahan paket bulan bakti nelayan di Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua H. Sulaeman L. Hamzah melalui perwakilan menyerahkan paket bantuan sembako dalam rangka bulan bakti nelayan di Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (11/11).

<

Bantuan diserahkan di Rumah Aspirasi H. Sualeman L Hmazah disaksikan perwakilan dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelauatan dan Perikanan yakni Petugas Tata Usaha Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke, Monalissa M. Amanupunyo disaksikan secara virtual oleh H. Sulaeaman dan Anggota DPR Papua Fauzun Nihayah.

H. Sulaeman L Hamzah mengatakan, bulan bakti nelayan ini adalah kerjasama antara KKP melalui Dirjen Perikanan Tangkap bersama Anggota DPR RI Komisi IV yang merupakan jawaban dari hasil aspirasi masyarakat.

Sasaran 1000 paket kegiatan bulan bakti nelayan adalah:

  1. Masyarakat Nelayan
  2. Masyarakat pesisir pantai
  3. Buruh pelabuhan
  4. Panti asuhan yatim piatu
  5. Panti jompo
  6. Tukang sol sepatu
  7. Petugas kebersihan
  8. Wartawan
  9. Masyarakat petani, dan
    10.Masyarakat kurang mampu lainnya.

“Paket bulan bakti nelayan diberikan kepada seluruh anggota komisi IV dan saya memilih pembagian bantuan tepat pada HUT Partai NasDem ke 10 tahun 2021 sehingga dapat dirayakan bersamaan,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L Hamzah dalam.sambutan virtualnya.

Kepada masyarakat, petani dan nelayan ia mengajak terus bersinergis untuk membangun daerah demi kesejahteraan hidup. Juga menyampaikan apresiasi kepada Direktur Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah sekaligus Anggota DPR Papua Fauzun Nihayah yang memotori seluruh kegiatan aspirasi di seluruh Papua. “Saya pikir kerja-kerja politik seperti ini tetap kita jalankan untuk melayani masyarakat,” kata Sulaeman.

Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelauatan dan Perikanan melalui Petugas Tata Usaha Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke, Monalissa M. Amanupunyo menyebut
perikanan tangkap memiliki potensi yang begitu besar untuk meningkatkan pendapatan negara, termasuk menggerakan roda perekonomian apabila digalak dengan optimal.

“Namun, kontribusi pendapatan negara dari sektor kelautan dan perikanan masih kecil. Oleh karena itu kebijakan ke depan adalah bagaimana kita meningkatkan pengelolaan perikanan tangkap agar kontribusi penerimaan negara dapat meningkat dengan pesat,” sebut Monalissa.

Anggota DPR Papua Fauzun Nihayah yang juga ikut menyaksikan melalui virtual menyampaikan terimakasih kepada Dirjen Perikanan Tangkap yang sudah bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L Hamzah untuk mensukseskan program bulan bakti nelayan. Legislator yang sedang cuti melahirkan ini sangat antusias serta mengapresiasi paket yang diserahkan itu dan berharap program yang sama dapat berkelanjutan.

“Pemberian bantuan tepat di HUT Partai NasDem ke 10 diharapkan kehadiran Partai NasDem terus bermanfaat bagi masyarakat. Dan kehadiran Bapak H. Sulaeman terus bermanfaat dan memberikan berkat bagi masyarakat,” kata Fauzun.

Sekaligus ia menyampaikan pesan kepada perwakilan dari Dirjen Perikanan Tangkap bahwa sebagian nelayan terus berdatangan ke Rumah Aspirasi dan menyampaikan permintaan perhatian pemerintah berupa bantuan ketinting, dan jaring. “Ini tidak terlalu besar, sekiranya kita bisa saling bersinergi untuk membantu nelayan lokal kita yang ada di Merauke. Sehingga kehadiran kementerian betul-betul dirasakan oleh masyarakat di Merauke,” pinta Fauzun.

Sekretaris Dinas Perikanan Merauke Leonor Rumbewa sangat berssyukur atas aspirasi yang telah diperjuangkan sehingga dapat direalisasikan di Merauke. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan, pendampingan kepada para pelaku usaha dan nelayan agar dengan adanya bulan bakti nelayan ini masyarakat bisa lebih memaksimalkan kegiatan usahanya. “Masyarakat dapat merasakan manfaat dari program ini,” tutur Leo.

Bulan bakti nelayan merupakan satu wadah untuk berdiskusi guna mencapai perubahan demi kemajuan dalam perekonomian masyarakat nelayan. Sinergitas pemerintah pusat, provinsi dan daerah sudah semestinya tetap berjalan baik untuk lebih memajukan semua sisi pembangunan sambung Anggota DPRD Merauke Ir. Benny Latumahina.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Pak Sulaeman dan ibu Fauzun yang terus menerus memberikan perhatian kepada masyarakat Papua,” tuturnya lagi.

Paket bulan bakti nelayan lalu diserahkan oleh Ketua DPD Partai NaDem Kabupaten Merauke Jefry Tjahyadi, dan anggotanya Benny Latumahina, Johan Paulus, serta Sekertaris Dinas Perikanan Merauke. Lebih banyak bantuan diserahkam kepada masyarakat nelayan dan pesisir setempat.

Berita lain untuk anda

4 Kampung Di Temsos Pertanyakan Janji Pemkab Maybrat Soal Tapal Batas Wilayah

TEROPONGNEWS.COM,MAYBRAT – Empat kampung di Temsos Raya minta Pemkab Maybrat untuk menepati…

TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Besar-besaran Di Kabupaten Sorong

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong (Komando Armada III, Lantamal…

Wali Kota Ternate Berdayakan Penyandang Disabilitas Jahit Masker

Ternate, TN – Kelangkaan masker di saat pandemi Virus Corona (Covid-19) juga…

OTG – ODP Papua Barat Meningkat, Kota Sorong dan Manokwari Dominasi

Manokwari,TN– Berdasarkan update data gugus tugas COVID-19 Provinsi Papua Barat per Sabtu…