Wali Kota Ternate, H. Burhan Abdurahman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sultan Babullah telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Keabsahan dari penobatan Sultan Datu Sjah dari Ternate Maluku Utara ditandai dengan hadirnya keputusan Presiden RI No.117PK/Tahun 2020, tanggal 6 November 2020 di Jakarta.

Sultan Baabullah menjadi urutan pertama dari enam tokoh yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional, dalam momentum peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2020.

Keberhasilan Sultan Baabullah mengusir penjajah dari tanah Maluku Utara, merupakan bukti bahwa semangat kekuatan lokal mampu mengalahkan kekuatan asing yang menguasai wilayah Maluku saat itu.

“Tantangan kita saat ini dan kedepan adalah, memanfaatkan semangat sejarah dan peradapan masa lalu, harus menjadi modal semangat membangun Kota Ternate yang lebih maju, yang memiliki potensi secara global,” kata Wali Kota Ternate, H. Burhan Abdurahman kepada wartawan, di Ternate, Rabu (6/1/2021).

Burhan juga berharap agenda global Napak Tilas 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens dan Sail Tidore tetap dilaksanakan di tahun depan. Dua momentum ini harus dimanfaatkan karena berdampak positif bagi Kota Ternate terutama pada sektor jasa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan semua yang terlibat atas kerja keras menangani pandemi di Kota Ternate,” tandas Wali Kota.

Berita lain untuk anda