Berita

Kaltim Alami Surplus Keuangan Capai Rp 2 Triliun

×

Kaltim Alami Surplus Keuangan Capai Rp 2 Triliun

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), HM Sa'bani. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Tahun anggaran 2021 ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengalami surplus keuangan daerah mencapai Rp2 triliun.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani, surplus keuangan daerah ini diperoleh dari DBH (Dana Bagi Hasil), Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Surplusnya sekitar Rp2 triliun. Surplus keuangan yang besar, bersumber dari DBH sebesar Rp921 miliar,” kata Sekda, lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Selasa (5/1/2021).

DBH lanjutnya, merupakan alokasi dana kurang salur atau anggaran kurang bayar dari pemerintah pusat, yang dibayarkan setelah perubahan APBD.

Sedangkan DAK non fisik disalurkan sebesar Rp478 miliar oleh pemerintah pusat. Ditambah PAD surplus sebesar Rp592 miliar.

5071
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Terkait surplus PAD, Sa’bani mengapresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang telah melakukan relaksasi (keringanan pembayaran PKB), sehingga mampu mendongkrak PAD dari sektor pajak daerah.

“Surplus ini target dari APBD perubahan saat pandemi. Namun, dibandingkan murni (APBD murni) yang awal masih dibawah (pendapatan rendah),” jelasnya.

Sebab ungkapnya, setelah refocusing anggaran karena pandemi ada pemangkasan atau perubahan perkiraan pendapatan.

“Tapi, kalau perubahan itu sudah mencapai target bahkan melampaui target (surplus) pendapatan kita,” ujarnya.

Sementara Kepala Bapenda Kaltim, Hj Ismiati menambahkan pajak daerah masuk dalam komponen PAD dan pajak daerah surplus Rp506 miliar lebih.