Penyerahkan dokumen serah terima pengelolaan pasar, yang berlangsung di Media Center rujab Wali Kota Kendari, Selasa (5/1/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Disaksikan Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari Sri Yusnita menyerahkan dokumen serah terima pengelolaan pasar kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Kendari M. Syaiful di Media Center rujab Wali Kota Kendari, menandai berpindahnya tanggung jawab terhadap pengelolaan pasar dari Bapenda ke Disperibdagkop da UKM Kota Kendari, Selasa (5/1/2021).

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir dalam sambutannya mengatakan, kegiatan hari ini adalah tindak lanjut dari peraturan Kementerian dalam Negeri Nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kualifikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan pengembangan daerah, yang selanjutnya ditindak lanjuti dengan keputusan Menteri dalam Negeri No.050-3708 tahun 2020 tentang hasil verifikasi dan validasi dan pemutakhiran klasifikasi, modefikasi dan nomenklatur perencanaan dan keuangan daerah.

“Dalam rangka menikdaklanjuti Permendagri tersebut, tentu kita tidak hanya memaknai kegiatan ini sebagai seremonial semata. Tetapi betul-betul kita memahami, bahwa pelaksanaan tugas dan peran-peran pemerintah kepada masyarakat sudah harus kita hadirkan secara nyata,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima Teropongnews.com.

Lebih lanjut Wali Kota juga mengatakan, dengan berpindahnya tanggung jawab pengelolaan pasar ini je Disperindagkop dan UKM, maka diharapkan pengelolaan pasar bisa semakin baik, serta memberikan dampak positif terhadap situasi masyarakat saat ini.

“Kita berharap nanti pasar-pasar kita tidak hanya berorientasi hasil saja, tapi betul–betul kita memandang pasar ini secara utuh, bahwa disana ada potensi pedagang kita bisa tumbuh berkembang, UMKM kita juga bisa tumbuh berkembang di pasar walaupun kita tahu fungsi pasar saat ini sudah tidak seperti dulu lagi. Dimana, masyarakat jika punya kebutuhan itu tidak harus kepasar lagi, cukup memanfaatkan teknologi semua bisa teratasi,” ucapnya.

Selain itu Wali Kota juga menitip pesan kepada jajaran Disperindagkop dan UKM Kota Kendari, agar bekerja keras dan sungguh-sungguh hadir di tengah–tengah pasar, untuk menjembatani serta memfasilitasi kebutuhan pedagang dan seluruh masyarakat Kota Kendari yang menggantungkan hidupnya di pasar.

Pada kesempatan tersebut, ada tiga pasar yang pengelolaannya diserahkan kepada Disperindagkop dan UKM, yakni pasar PKL, pasar Sentral Kota dan pasar Wua-wua.

Berita lain untuk anda