Ratusan pelaku usaha di kabupaten Sorong saat mengikuti pelatihan teknik fotografi di Belagri hotel. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Ratusan pelaku usaha di yang ada di kabupaten Sorong dilatih teknik fotografi lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Direktorat pengembangan SDM ekonomi kreatif, Deputi bidang sumber daya dan kelembagaan Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif di Belagri Hotel Sorong, Senin (30/11/2020).

Bimtek itu digelar agar pelaku UMKM di kabupaten Sorong mampu memproduksi foto produk yang bagus agar bisa membantu penjualan karena gambar yang dihasilkan lebih memikat calon konsumen.

“Kementrian pariwisata ekonomi kreatif bekerjasama dengan komisi 10 DPR RI untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Tentunya kolaborasi ini masing-masing mempunyai tugas dan fungsinya. Dalam hal ini DPR RI merupakan Lembaga pengawas program-progam nasional dan lembaga yang menjembatani antara pemerintah Daerah dan pemerintah pusat, “jelas Jemmy Alexandro, perwakilan Deputi pengembangan ekonomi kreatif kementrian pariwisata.

Jemmy menjelaskan, Bimtek itu sengaja diberikan agar pelaku usaha dapat menghasilkan produk foto yang bagus dengan menggunakan Smartphone yang mereka miliki.

“Handphone yang saat ini bapak ibu miliki, apapun mereknya, tidak perlu canggih karena terkadang handphone yang jelek juga bisa menghasilkan gambar yang kreatif, tergantung teknik pengambilan fotonya. Itu yang akan kita ajarkan,” Imbuhnya.

“Kalau fotonya menarik kan bisa diunggah ke media sosial masing-masing seperti IG, Facebook, Whatsapp dan lain-lain, apalagi ditengah pandemi seperti ini banyak pelaku usaha yang beralih ke bisnis Online,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi 10 DPR RI, Robert Joppye Kardinal mengatakan bahwa diera modern saat ini masyarakat harus memanfaatkan smartphone mereka untuk menghasilkan uang

“Karena di era modern saat ini banyak masyarakat di berbagai kalangan maupun usia hanya menggunakan smartphone untuk selfie-selfie. Padahal kalau dimanfaatkan smartphone ini bisa menghasilkan uang, “ujar Robert.

Robert mengumpamakan artis-artis ibu kota yang saat ini lebih beralih ke smartphone ketimbang bermain film. Karena, kata Robert, penghasilan mereka jauh lebih besar berkat konten kreatif yang dibuat.

“Seperti artis terkenal, mereka sudah jarang main film dan lebih memilih membuat konten kreatif. Contoh Atta Halilintar, Baim Wong, Raffi Ahmad, mereka menghasilkan pundi-pundi rupiah dari smartphone itu. Makanya kalian disini akan dibimbing bagaimana tekniknya dalam menghasilkan foto ataupun video yang bagus,”pungkas Robert.

Berita lain untuk anda