Berita

Wapres Ma’ruf Amin: Saya Harap Kopi Papua Mendunia

×

Wapres Ma’ruf Amin: Saya Harap Kopi Papua Mendunia

Sebarkan artikel ini
Wapres K.H Ma'ruf Amin berkunjung ke Kedai Meja Kopi yang berlokasi di Ruko Pasifik Permai Dok II Jayapura. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H Ma’ruf Amin beserta istri menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kedai Meja Kopi yang berlokasi di Ruko Pasifik Permai Dok II Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (29/11/2022).

Setibanya, orang nomor dua di Indonesia itu disambut hangat Pembina Meja Kopi; Yan Numberi dan Owner Meja Kopi; Lita Numberi. Keduanya memberikan topi adat dan kain motif adat khas daerah Saireri sebagai bentuk kehormatan kepada tamu yang masuk ke dalam suatu rumah.

Perbincangan wapres tampak cair dengan pemilik kedai dan para pemuda anggota komunitas kopi di Papua. Salah satu komunitas yang hadir adalah Papua Muda Inspiratif, yakni sebuah komunitas yang menjadi wadah aspirasi kemajuan gagasan untuk kesejahteraan Papua.

Foto bersama Wapres Ma’ruf Amin bersama pemilik Kedai Meja Kopi dan para komunitas kopi di Jayapura. Foto-Ist/TN

Wapres pun memberikan dukungannya terhadap potensi kopi Indonesia, khususnya, kopi Papua yang tidak hanya menjadi konsumsi di dalam negeri, tetapi juga mampu menguasai pangsa pasar di luar negeri.

“Kopi Papua untuk Indonesia dan Dunia! Saya harap kopi Papua ini menjadi kopi yang mendunia,”ujar wapres menyemangati.

4972
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Wapres mengapresiasi para pemuda dan komunitas-komunitas di Papua, khususnya kepada Meja Kopi yang telah berperan dalam kemajuan kopi Papua.

“Saya sangat mengapresiasi semangat daripada komunitas Meja Kopi yang sudah melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan kopi Papua,”ucap wapres.

Wapres memberi harapan penuh kepada generasi muda di Papua agar dapat fokus dalam mengembangkan beragam potensi yang dimiliki sebagai wujud kontribusi dalam mendorong kemajuan Papua.

“Kita mengharapkan anak muda Papua itu maju dan berkembang dan mengembangkan potensi yang dimiliki Papua sendiri,”akunya.

Di akhir kunjungan, wapres berpesan kepada para pemangku kepentingan agar dapat memberikan dukungan penuh terhadap kemajuan industri kopi Papua.

“Saya minta pemerintah, kementerian, lembaga untuk membantu pengembangan kopi Papua ini dari hulu sampai ke hilir, dari pertaniannya, pengolahannya, kemudian dihilirisasi, sampai pemasaran, bahkan juga pengemasannya,”tandasnya.

Sementara itu, pemilik Kedai Meja Kopi, Lita Numberi, menjelaskan bahwa kopi yang ada di kedai miliknya merupakan hasil pendampingan dan pembinaan kepada para petani kopi Papua oleh komunitas Papua Muda Inspiratif, di mana dirinya juga menjadi anggota komunitas tersebut.

“Kami dari Papua Muda Inspiratif ada pendampingan kepada petani di Pegunungan Bintang, Wamena. Kopinya kami ambil menjadi produk di sini,”jelas Lita di hadapan Wapres Ma’ruf Amin.