Ternyata Ini Penyebab Pipa PAM Rusak di Batu Ceper

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi bersama Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kepala Dinas SDA Yusmada Faizal, dan Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin meninjau lokasi kerusakan galian saluran air di Jalan Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2023). (Foto : Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PAM Perumda Jaya Arief Nasrudin baru mengetahui bahwa saluran pipa air yang berada di Jalan Batu Ceper, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat alami kerusakan pada Jumat (24/3/2023) sore.

Kerusakan ini diungkap setelah Ketua DPRD DKI Jakara, Prastyo Edi Marsudi menghubunginya untuk datang ke lokasi untuk melihat dan langsung memperbaiki kerusakannya.

“Iya, baru tahunya dari pak Pras,” kata Arief di Jalan Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2023).

Kemudian Arief menjelaskan ini terjadi karena ada yang salah saat pengerjaan galian, akibatnya pipa saluran air milik PAM Jaya yang berukuran 4 inchi terkena imbasnya. Situasi ini diperparah lagi karena dilokasi tersebut merupakan kawasan industri bukan rumah tangga yang memerlukan volume debit air cukup besar.

“Ini lagi dihitung, dari valve (katup penyalur air) sana sampai ke sana, volumenya bukan volume rumah, tapi volume industri. Secara volume lumayan kena dampaknya, mungkin 400an (bangunan),” ujar Arief.

Akibat kejadian ini, Arief berkata akan menyelesaikannya dalam kurun waktu 1×24 jam dengan mengerahkan jajarannya untuk segera datang ke lokasi.

“Namanya accident mau gimana, saya memang mintanya koordinasi di lapangan lebih rapi aja. Habis ini maintenance saya datang, insyaallah bisa cepat beres,” ujar Arief.

Di lokasi yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menjelaskan ini terjadi ketidakcermatan dalam pelaksanaan penggalian, mengakibatkan jaringan utilitas yang ada dikawasan tersebut terputus.

“Warga kan dirugikan, terhambat aliran air bersihnya, warga juga jadi komplain,” kata Dhany.

Senada dengan Dirut PAM Jaya, Dhany berharap pengerjaan tersebut dapat selesai secepatnya.

“Ya Mudah-mudahan saja, pak dirut juga sudah langsung datang ke lokasi, dalam waktu 1×24 jam mudah2an ini sudah bisa diatasi,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakara, Prastyo Edi Marsudi tidak sengaja melewati Jalan Batu Ceper dengan maksud untuk melihat kondisi sumur resapan yang sebelumnya sempat amblas. Namun, hal yang tak terduga ia temukan, yaitu terdapat galian saluran air dengan kondisi yang sangat memperihatinkan.

Lantas, akibat kejadian itu Pras sapaan karibnya langsung menghubungi pihak-pihak terkait seperti Waikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kelapa Dinas SDA Yusmada Faizal, dan Direktur Utama Perumda PAM Jaya.

“Saya telfon lah semuanya, harus hari ini bisa kerja, saya bilang begitu, karena apa, anggaran lagi anggaran lagi, ini lah yang pemborosan,” tutur Pras.