Tim kuasa hukum PMK2 saat menggelar konfrensi pers di Jakarta, Jumat (15/1/2021)

 1,231 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,JAKARTA– Tim kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni nomor urut 2 Ir Petrus Kasihiw,M.T – Matret Kokop,S.H (PMK2) siap membantah tudingan paslon nomor urut 1 Ali Ibrahim Bauw – Yohanes Manibuy (AYO) yang dialamatkan kepadanya.

Dalam konfrensi persnya di Jakarta, Jumat (15/1/2021) Sekretaris DPP Badan Advokasi Hukum NasDem Reginaldo Sultan,S.H didampingi Rahmat Taufit,S.H menegaskan bahwa sebagai kuasa hukum pihak terkait pihaknya telah siap menangkis semua tudingan tak mendasar dari pemohon (AYO) pada saat sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) nantinya.

Lebih lanjut dijelaskan Reginaldo Sultan bahwa bahwa tim kuasa hukum pasangan calon kepala daerah petahana ini setelah menerima permohonan termasuk perbaikan gugatan dari pihak pemohon.

“Kami melihat dari perbaikan pemohon ini sudah ada point-point akan kami akan sikapi nanti karena itu permohonan sebagai pihak terkait sudah kami siapkan untuk disampaikan pada siding pada tanggal 19 Januari 2021 nanti dengan harapan hakim MK dapat menerima permohona kami karena selain beberapa dalil yang diarahkan kepada KPUD Teluk Bintuni sebagai pihak termohon, ada beberapa dalil yang tudingan-tudingan tidak berdasar yang dialamtkan kepada klien kami” kata Sultan.

Kemudian ada juga dalil-dalil disampaikan pasangan calon AYO yang harus dibantahkan karena tidak sesuai dengan fakta sebenarnya sehingga perlu diluruskan dengan bukti-bukti hukum di lapangan.

Dijelaskan Sultan, pilkada serentak 2020 ini bukan pertandingan ulang tetapi murni momen demokrasi sehingga tudingan pemohon bahwa paslon petahana menggunakan kewenangannya untuk memainkan struktur pemerintahan dalam memenangkan pilkada Teluk Bintuni wajib dibantahkan.

“Kami sudah mendengar langsung dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati bahwa mereka tidak menggunakan kewenangannya untuk menggunakan struktur-struktur yang sebenarnya bisa digunakan oleh seorang petahana dalam memenangkan pilkada tetapi ini tidak kalau pun kami lakukan kecurangan maka pasti kemenangan yang kami raih itu jauh lebih besar, tudingan itu juga dijawab dari klarifikasi tim hukum yang mendampingi di lapangan” ujarnya.

Karena itu lanjut Sultan, hasil kemenangan kliennya di Pilkada Teluk Bintuni murni kompetisi demokrasi dipilih dan terpilih oleh rakyat tanpa ada kecurangan.

Berdasarkan peraturan Mahkamah Kontitusi bahwa ambang batas selisih perolehan suara diatas 2 % dimana PMK2 meraih suara lebih 2 % dari lawannya dan sengketa pilkada ini masuk dalam tahap pembuktian maka pada putusan akhir tim kuasa hukum memohon kepada hakim mahkamah konstitusi agar tetap mempertimbangkan ambang batas yang sudah dipertimbangkan dalam Undang-undang.

Anggota tim hukum PMK2 Rahmat Taufit,S.H menambahkan, pasal 158 Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada dalam memeriksa dan mengadili syarat formal pengajuan sengketa ke Mahkamah Konstitusi.

“Kami tim hukum sangat yakin bahwa hakim mahkamah konstitusi akan mempertimbangkan pasal 158 UU Pilkada, karena pasal ini menjadi acuan pada sidang sengketa pilkada sebelumnya dengan prinsip pasal 158 ini tidak dikesampingkan” tutur Taufit.

Meski pun demikian tim hukum PMK2 tidak juga berlindung dibalik pasal 158 UU Pilkada tersebut, apabila MK melanjutkan sengketa pilkada pilkada Teluk Bintuni ke tahap pembuktian maka pihak terkait pun siap membuktikan tuduhan pemohon tidak benar dan tak berdasar.

Berita lain untuk anda

Penentuan Penjabat Gubernur PPS Merupakan Kewenangan Pemerintah Pusat

 3,038 total views (dibaca)  3,038 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Masyarakat boleh mendukung siapapun yang diinginkan…

Langgar Perda, Dua Bangunan di Kendari Disegel

 1,004 total views (dibaca)  1,004 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Menyongsong Hari Bhakti Adyaksa ke 62, Kejaksaan Sorong Anjangsana ke Panti Asuhan

 1,094 total views (dibaca)  1,094 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kejaksaan Negeri Sorong melakukan kegiatan kunjungan…

Tim Hukum BAHU Nasdem dan PMK2 Ajukan Permohonan di Mahkamah Konstitusi

 1,175 total views (dibaca)  1,175 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Tim hukum dari Badan Advokasi Hukum…

Sedih, Sejumlah Rumah di Jalan Baru Hangus Terbakar

 1,084 total views (dibaca)  1,084 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sejumlah rumah yang berlokasi di jalan Selat…

Asis Sangkala: Hubungan PKS dan PDIP di Maluku Terjalin Baik

 1,029 total views (dibaca)  1,029 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan…

KPID Diminta Bantu Pemda Promosikan Maluku

 1,070 total views (dibaca)  1,070 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Nataniel…

Permintaan KTP Meningkat, Petugas Segera Mengambil Blanko ke Pusat

 999 total views (dibaca)  999 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sejak Januari 2020, Dinas Kependudukan dan…

Agustus 2022, Kota Ambon Alami Inflasi dan Tual Deflasi

 374 total views (dibaca)  374 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pada Agustus 2022, dari 90 Kota…

Perlu Adanya Kerjasama Turunkan Prevalensi Stunting di Ambon

 1,153 total views (dibaca)  1,153 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Upaya menurunkan angka prevalensi stunting di…