Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat memberikan arahan sebelum melepaskan mobil operasional pangan ke pasar, di halaman parkiran depan, Balai Kota Ambon, Kamis (22/9/2022). Foto-Ist/TN

 481 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dalam rangka menekan laju inflasi di Kota Ambon, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan operasi pasar, dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

“Kita akan melakukan operasi pasar dalam menekan jumlah inflasi. Di kota Ambon ini termasuk yang tinggi di Indonesia, sehingga kegiatan ini kita lakukan bersama,” ungkap Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat memberikan arahan sebelum melepaskan mobil operasional pangan ke pasar, di halaman parkiran depan, Balai Kota Ambon, Kamis (22/9/2022).

Dikatakan, Pemkot Ambon telah melaksanakan rapat koordinasi bersama stakeholder, dalam rangka merembukkan cara apa saja yang hendak dilakukan pihaknya, guna menekan laju kenaikan inflasi yang terjadi di Kota Ambon saat ini.

“Kemarin kami sudah rapat beberapa kali dengan seluruh stakeholder, dalam rangka melakukan upaya-upaya kongkrit, untuk menekan laju inflasi di Kota Ambon,” katanya.

Menurut Wattimena, salah satu strategi yang digunakan pihaknya untuk menekan laju inflasi adalah, melaksanakan pasar murah. Kegiatan ini, lanjut dia, dapat membantu menjaga harga pangan, baik sembako atau bahan makanan yang dikategorikan sebagai pangan pemicu Inflasi seperti sayuran, cabai dan bawang.

“Jadi saya kira apa yang kami lakukan semata-mata untuk bersama-sama menjaga harga pangan di Kota Ambon, guna membantu masyarakat karena harga pangan dia naik,” kata dia.

Kegiatan operasi pasar ini, ujar Wattimena, akan dilaksanakan selama delapan hari kedepan, terhitung hari ini sampai dengan Kamis (29/9/22). Operasi pasar ini, akan dimulai dari Pasar Mardika terlebih dahulu, dan direncanakan selama tiga hari.

“Ini akan kita lakukan tiga hari berturut-turut di Pasar Mardika, dan pasar Batu Merah, seterusnya kita akan ke pasar yang lain,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengungkapkan, animo masyarakat terkait dengan operasi pasar sangat tinggi.

Sehingga pihaknya, kata dia, akan menyetok pangan yang dijual di pasar murah ini, sesuai dengan kebutuhan dan banyaknya minat masyarakat.

“Stok pada operasi pasar ini disesuaikan dengan kebutuhan maksimal pembeli dari masyarakat tidak terbatas. Sebab, ternyata animo masyarakat tinggi sekali,” beber Slarmanat.

Untuk itu, dia berharap, apa yang dilakukan ini dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan sejumlah pangan yang saat ini memiliki nilai jual tinggi di pasar, dan tentunya dapat mewujudkan tujuan utama pelaksanaannya.

Untuk diketahui, komoditi pasar yang dijual pada pasar murah ini antara lain, telur dengan harga Rp 55. 000 per rak, beras premium Rp 50. 000 per 5 Kg, minyak goreng Rp 13. 000 per liter, bawang merah Rp 22. 000 per Kg, bawang putih Rp 23. 000 per Kg, beras Bulog premium Rp 55. 000 per Kg, gula pasir Rp 13. 500 per Kg, sayuran daun Rp 5. 000 per ikat, cabai rawit Rp 50. 000 per Kg.

Berita lain untuk anda

Visi Misi Faris-ORI, Kunci Kemenangan Dua Periode Kabupaten Raja Ampat

 982 total views (dibaca)  982 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Wakil Ketua III DPR Papua Barat, sekaligus…

BPN Diingatkan Berhati-Hati Keluarkan Sertifikat Prona

 1,017 total views (dibaca)  1,017 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Ambon…

DPRD Ngaku Tak Tahu Ada Penyimpangan Dana Insentif Nakes RSUD Umarella

 969 total views (dibaca)  969 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon saat ini…

Warga Kabupaten Sorong Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tanam Jagung

 964 total views (dibaca)  964 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah kabupaten Sorong terus berupaya untuk meningkatkan…

Tangkal Covid-19, Sholat Tarawih dan Id di Jayapura Ditiadakan

 1,023 total views (dibaca)  1,023 total views (dibaca) Jayapura, TN – Pemerintah Kota Jayapura mengimbau seluruh umat…

Pemkot Jayapura Jamin Biaya Hidup Keluarga Terdampak C-19

 977 total views (dibaca)  977 total views (dibaca) Jayapura, TN – Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano (BTM)…

Sairdekut: Pemprov Sementara Menyiapkan KUA-PPAS Tahun 2021

 1,032 total views (dibaca)  1,032 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus…

Kota Sorong Alami Deflasi 0,30 Persen Pada Bulan November 2021, Berikut Penyebabnya

 989 total views (dibaca)  989 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Bulan November 2021, Kota Sorong mengalami Deflasi…

Telwon Masuk Zona Merah, Telbin Pasien Sembuh Terbanyak

 987 total views (dibaca)  987 total views (dibaca) Manokwari,TN–  Update terbaru perkembangan penyebaran corona virus disease 2019…

Seorang Warga Melonguane Ditemukan Tewas Di Sungai

 1,002 total views (dibaca)  1,002 total views (dibaca) Talaud, TN – Warga Desa Awit, Kecamatan Beo Utara,…