Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Dharma Jaya Gelar Uji Coba Makanan Bergizi Gratis Pertama di Tingkat SMA

×

Dharma Jaya Gelar Uji Coba Makanan Bergizi Gratis Pertama di Tingkat SMA

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan uji coba program Makanan Bergizi Gratis (MBG) di SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024). (Foto: Ist/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Perumda Dharma Jaya mendukung pelaksanaan uji coba program Makanan Bergizi Gratis (MBG) yang untuk pertama kalinya diadakan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), pada Rabu (9/10/2024).

Uji coba ini berlangsung di SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan dan ditinjau langsung oleh Wakil Presiden RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka serta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Example 300x600

Program ini bertujuan untuk meningkatkan gizi siswa/siswi dan mendukung kesehatan mereka dalam proses belajar.

Dirut Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, pihaknya berupaya untuk terus berkontribusi dalam pelaksanaan uji coba MBG yang menjadi program prioritas Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih. Tentunya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan nutrisi para pelajar Indonesia, termasuk Jakarta.

“Secara khusus, program MBG ini mendapatkan perhatian penuh dari Pj. Gubernur Heru yang ingin uji coba dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga saat implementasi, program tersebut sudah menemukan mekanisme dan menu makanan yang tepat dan sesuai dengan keinginan anak-anak,” kata Raditya dalam keterangan resminya dikutip, Selasa (15/10/2024).

“Hal ini merupakan wujud komitmen dan dukungan Pemerintah Provinsi DKI melalui Perumda Dharma Jaya terhadap program MBG,” sambungnya.

Raditya menerangkan MBG kali ini disiapkan oleh Perumda Dharma Jaya dengan menyediakan 1.300 paket senilai makanan Rp 25.000 per porsi. Komposisi paket makanan terdiri dari, Nasi Putih, Chicken Teriyaki, Perkedel Kentang, Tahu Cabe Garam, Telur Dadar, Salad, Buah Pisang.

Makanan dikemas menggunakan paper box food grade yang dikerjasamakan pengelolaan sampahnya dengan bank sampah terdekat yaitu Komunitas Bank Sampah Seni Baru.

Untuk menu makanan, Raditya menegaskan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dari uji coba MBG yang sedang berlangsung ini. Evaluasi juga dilakukan terhadap pelaksanaan uji coba, penyediaan paket makanan, distribusi hingga tata cara memasak yang harus sesuai dengan standar kesehatan.

Hasil evaluasi tersebut akan menjadi bahan masukan bagi perbaikan pelaksanaan program MBG di Jakarta.

Ia memaparkan, untuk menu makanan MBG di tingkat SMAN, tentunya berbeda dengan menu pada waktu uji coba di tingkat SD maupun SMP.

“Kita akan melihat, menu-menu makanan yang cocok dengan anak-anak sesuai dengan jenjang pendidikannya. Kami ingin, menu makanan yang disajikan disukai anak-anak, sehingga mereka lahap memakannya sampai habis,” papar dia.

Sementara itu, Pj Gubernur Heru mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wakil Presiden RI Terpilih dalam pelaksanaan uji coba MBG kali pertama di tingkat SMA dan kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan MBG hari ini, khususnya kepada Perumda Dharma Jaya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Terpilih Gibran karena menyempatkan waktunya memenuhi undangan kami untuk melihat uji coba MBG pada pagi hari ini,” ucap Heru.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Perumda Dharma Jaya yang telah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan Makan Bergizi Gratis di SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan. Untuk kesekian kalinya, Pemprov DKI melakukan uji coba MBG, biasanya di SD dan SMP, kali ini SMA pertama kali di SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan,” katanya lagi.

Heru menjelaskan, Pemprov DKI melakukan uji coba MBG ini secara bergiliran dari jenjang TK-SD, SMP hingga SMA. Untuk jenjang TK-SD dan SMP sudah dilaksanakan di lima wilayah DKI Jakarta.

Untuk tingkat SMA, pertama kali dilakukan di wilayah Jakarta Selatan, yaitu di SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan. Pemilihan sekolah diserahkan kepada Walikota masing-masing wilayah.

Heru mengharapkan uji coba MBG ini dapat terus berlangsung baik dengan menyajikan menu makanan yang disukai para siswa SD, SMP dan SMA.

Untuk itu, ia memastikan kesehatan dalam setiap paket makanan terjamin karena terhitung kalorinya dan sudah melalui tes kesehatan makanan oleh Dinas Kesehatan DKI.

“Sambil menunggu pedoman umum dari Pemerintah Pusat maka Pemprov DKI Jakarta akan terus melanjutkan uji coba MBG untuk melihat menu yang disukai para siswa serta disesuaikan dengan harga menu per paket sehingga tujuan pemberian MBG dapat terwujud yaitu menyiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk program ini,” terangnya.

Salah satu siswa SMAN 70, Bulungan, Jakarta Selatan, Christopher mengaku senang dan bangga sekolahnya menjadi tempat uji coba pertama kali program MBG tingkat SMA Jakarta.

Ia bersyukur selain mendapatkan paket makanan yang sehat, juga dapat bertemu langsung dengan Pj Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Presiden Terpilih.

“Saya senang dan bangga sekali, uji coba MBG ini bisa dilaksanakan di sekolah saya. Bisa ketemu langsung Wapres Gibran dan Pj. Gubernur DKI Heru. Menu makanannya juga cocok dan sesuai selera,” ungkap dia.

“Saya lihat, teman-teman pada lahap makannya. Apalagi diatas kotak makanannya sudah tertera kandungan nilai gizi makanan. Jadi kita tahu nilai gizi yang kita konsumsi berapa, dan makanannya enak,” sambungnya.***

Example 300250
Example 120x600