Berita

PJ Wali Kota Minta JCH Kota Ambon Jadi Panutan dan Teladan

×

PJ Wali Kota Minta JCH Kota Ambon Jadi Panutan dan Teladan

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, saat melepaskan 322 orang JCH Kota Ambon untuk berangkat ke Saudi Arabia, di Gedung Asari, Al-Fatah Ambon, Selasa (28/5/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya meminta Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon, untuk menjadi panutan dan teladan, selama menjalankan ibadah, baik ketika masih di Indonesia maupun saat telah berada di Tanah Suci.

Demikian disampaikan PJ Wali Kota, saat melepaskan 322 orang JCH Kota Ambon untuk berangkat ke Saudi Arabia, di Gedung Asari, Al-Fatah Ambon, Selasa (28/5/2024).

“JCH asal Kota Ambon, saya minta agar bisa menjadi panutan dan teladan diantara sesama jemaah dengan senantiasa mengutamakan Ukhuwah Islamiyah, dan mempererat tali persaudaraan. Laeng (lain) sayang laeng, laeng lia (lihat) laeng, dan lain kalesang lain, dengan disiplin dan patuh terhadap aturan serta bimbingan dari para petugas dan pendamping haji,” ujarnya.

Dikatakan, pelaksanaan Ibadah Haji membutuhkan fisik yang prima. Olehnya itu, seluruh JCH diharapkan senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

“Perhatikan pola hidup bersih dan sehat, makan minum teratur, serta istirahat yang cukup, agar setiap rangkaian ibadah dapat diikuti dengan baik,” tambahnya.

Terkait pelaksanaan Ibadah Haji, ujar Kaya, telah menjadi kewajiban pemerintah secara berjenjang, guna memastikan penyelenggaraannya berjalan baik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI Kota Ambon telah turut berpartisipasi memberikan dukungan dalam bentuk pelayanan kesehatan, manasik haji, fasilitasi keberangkatan dan kepulangan, pendampingan proses embarkasi-debarkasi, serta pemberian tambahan uang saku kepada masing-masing JCH sebesar Rp 1 juta/orang.

“Kami juga mengikutsertakan 2 (dua) orang pendamping, yang akan siap mendampingi dan melayani JCH langsung ke Tanah Suci hingga kembali ke tanah air,” bebernya.

PJ Wali Kota mengatakan, fasilitasi dan dukungan yang diberikan ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah Haji.

Dia berharap, semua yang diberikan tidak dinilai dari jumlahnya, namun sebagai bentuk kepedulian dari Pemkot Ambon kepada JCH yang akan segera diberangkatkan ke Tanah Suci.

Untuk diketahui, turut hadir dalam pelepasan JCH Kota Ambon, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse, serta Kepala Kantor Kemenag RI Kota Ambon Fachrurrazy Hassannusi, serta Imam Besar Masjid Raya Al- Fatah, KH. R. R Hassanusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *