Berita

PJ Wali Kota Ambon Sampaikan Delapan Kebijakan Prioritas di DPRD

×

PJ Wali Kota Ambon Sampaikan Delapan Kebijakan Prioritas di DPRD

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya memberikan pidato, sekaligus menyampaikan 8 (delapan) kebijakan prioritas, selama masa jabatannya di hadapan DPRD Kota Ambon

“Jadi, sesuai dengan aturan maka setelah dilantik satu kewajiban yaitu melakukan pidato perdana sebagai PJ Wali Kota Ambon dihadapan DPRD, selaku representasi rakyat. Kurang lebih ada delapan hal-hal penting yang diprioritaskan untuk dikerjakan ke depan,” ungkapnya, saat ditemui usai memberikan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota dalam Rangka Penyerahan Memori kerja Penjabat Wali Kota Ambon 2024-2025, yang berlangsung di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Ambon, Kawasan Belakang Soya, Rabu (29/5/2024).

Kebijakan tersebut antara lain, pertama, memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kota Ambon serta menjaga netralitas ASN.

Kedua, melakukan penanganan inflasi di Kota Ambon, dan menjaga agar angka inflasi tetap terkendali. Ketiga, melakukan penanganan dan penurunan angka stunting di Kota Ambon.

Keempat, melakukan penanganan dan pengelolaan sampah serta menjaga kebersihan dan keindahan kota. Kelima, melakukan upaya pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Ambon.

Keenam, berupaya dalam menyelesaikan masalah pedagang di Pasar Mardika. Ketujuh, melakukan penguatan birokrasi pemerintahan melalui pengisian jabatan-jabatan yang kosong.

Kedelapan, melakukan penguatan pada 6 (enam) urusan wajib pelayanan dasar, yang menjadi standar pelayanan minimal.

“Tetapi paling utama dari semua itu adalah soal pilkada. Pilkada menjadi sebuah amanat kerja yang memang agenda nasional, karena sangat strategis untuk mejamin keberlanjutan jalannya pemerintahan bukan saja di kota ini, di Provinsi Maluku, tapi seluruh Gubernur, Bupati, Wali Kota di seluruh Indonesia,” ujar dia.

Disinggung terkait dengan terjadinya keberpihakan dalam politik praktis yang bisa saja dilakukan oleh ASN, Kaya menegaskan, dirinya akan memberikan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Akan diproses kalau ada laporan dan itu sesuai aturan-aturan kepegawaian. Netralitas ASN tetap ditegakkan. Kita sudah dijanjikan oleh Pempus langsung ketika menerima SK (penjabat), harus tegak lurus sebab ini bukan jabatan politis,” tegas PJ Wali Kota.

Dia berjanji, selama masa tugasnya ke depan, tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan delapan kebijakan prioritas tersebut akan dilaksanakan dengan benar, serta melanjutkan apa yang telah dibuat oleh Penjabat Wali Kota sebelumnya.

“Jadi intinya, apa yang saya sampaikan tadi akan melanjutkan yang sudah dilakukan oleh Penjabat Wali Kota sebelumnya. Kita benahi yang masih kurang-kurang, apa yang perlu diperkuat lagi supaya lebih baik ke depan,” tandas Kaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *