Teknologi

PB PRSI Siap Gelar Turnamen Robotik Pertama di Indonesia

×

PB PRSI Siap Gelar Turnamen Robotik Pertama di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesi, Ketua Umum Wahyu Hidayat (tengah), Sekretaris Jenderal Dwi Nugroho Marsudianto (kanan), dan Bendahara Karmila Warouw (kiri). Foto: Popy/TeropongNews.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PB PRSI) siap menggelar Turnamen Robotika pertama di Indonesia. Turnamen ini akan memperebutkan Piala Ketua MPR RI dengan hadiah total senilai ratusan juta rupiah.

Turnamen akan diselenggarakan di GOR Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada tanggal 17-19 Mei 2024.

“Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI merupakan ajang untuk mengembangkan dan memajukan bidang robotik di tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum. Disamping menguji ketrampilan teknis dan kreativitas dalam merancang, membangun dan mengoperasikan robot. Turnamen akan diikuti oleh para peserta dari seluruh provinsi di Indonesia,” kata Ketua umum PB PRSI, Wahyu Hidayat Usai menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama PB PRSI, di Jakarta, Sabtu (4/5/2024).

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan bahwa nantinya turnamen serupa akan menjadi event tahunan yang diselenggarakan oleh PB PRSI.

Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI merupakan kompetisi dari berbagai sekolah atau institusi di Indonesia dalam membangun dan mengoperasikan robot yang mereka buat sendiri. Turnamen Robotik Indonesia memiliki berbagai macam tantangan yang mencangkup pemrograman, desain mekanik dan strategi dalam mengoperasikan robot.

Meski begitu, Wahyu optimis dan yakin turnamen akan berjalan sesuai rencana melihat persiapan para panitia yang terlibat.”Persiapannya sudah 80 persen dan Minggu depan akan mencapai 100 persen dan kami sudah benar benar siap,” tuturnya.

Dirinya mengapreasi para peserta turnamen dari berbagai wilayah yang antusias mengikuti turnamen ini. Bahkan, ia mengatakan, hingga saat ini peserta yang terdaftar sudah lebih dari 400 tim.

“Ini masih berjalan sampai satu minggu ke depan. Perkiraan kami target kami itu di 700 tim nasional untuk 7 kategori tersebut, dan dengan target 3000 peserta dan 10 ribu pengunjung, insya Allah bisa memecahkan rekor Muri,” jelasnya dalam konferensi pers yang digelar dikawasan Jakarta tersebut.

Sekretaris Jenderal PB PRSI, Dwi Nugroho Marsudianto menjelaskan dalam turnamen ini, akan ada 7 kategori yang diperlombakan, yaitu Robot Sumo, Robot Soccer, Robot Line Follower, Robot Kreatif Rancang Bangun, Robot Transporter, Robot Amphibious Solar Vehicle, dan Robot Kreatif berbasis Smartphone atau wifi (wifi car adventure).

Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesia yang hadir dalam acara tersebut antara lain Dewan Penasehat Bambang Herry Ketua Umum Wahyu Hidayat, Wakil Ketua Umum Gilang Kencana dan Sekretaris Jenderal Dwi Nugroho Marsudianto, Bendahara Karmila Warouw, dan anggota lainnya yang tergabung dalam PB PRSI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *