Wisata

Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pertama Mendaki Gunung

×

Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pertama Mendaki Gunung

Sebarkan artikel ini
Melakukan pendakian di Gunung Lawu via Cemoro Sewu. foto: Morteza Syariati Albanna.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Mendaki gunung membutuhkan persiapan matang, baik dari segi fisik dan perlengkapan. Terutama, bagi pemula yang belum pernah naik gunung. Persiapan tersebut dapat meminimalisasi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Jika kamu mau mendaki gunung untuk pertama kalinya, ayo hindari beberapa kesalahan ini supaya tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Berikut informasi selengkapnya dikutip dari media sosial Eiger, Sabtu (25/5/2024).

  1. Kurangnya perlengkapan

Kunci keberhasilan suatu pendakian adalah membawa perlengkapan yang tepat dan lengkap. Pastikan bawa barang-barang yang kamu butuhkan seperti pakaian yang sesuai, tenda, sleeping bag, matras, senter, P3K, cooking set, dan perbekalan makanan yang cukup.

  1. Meremehkan cuaca

Cuaca di gunung memang sulit diprediksi, bahkan bisa berubah dengan seketika. Jadi, selalu pantau perkiraan cuaca dan persiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

  1. Tidak mempelajari jalur pendakian

Sebelum mendaki, kamu wajib mempelajari jalur yang akan dilalui karena setiap gunung punya jalur pendakian dan tantangan yang berbeda-beda. Cari informasi mendalam tentang medan, tingkat kesulitan, dan waktu pendakian yang tepat agar perlengkapan yang dibawa sesuai.

Kalau kamu tidak yakin, maka disarankan mengikuti pendakian bersama guide atau pendaki yang lebih berpengalaman.

  1. Berjalan terlalu cepat

Buat kamu yang ambisius banget, mendaki gunung bukan perlombaan lho. Berjalanlah dengan perlahan dan sesuai dengan kemampuan fisikmu. Jangan memaksakan diri untuk berjalan terlalu cepat karena imbasnya bakal cepat lelah, menimbulkan cedera, dan bahkan menyebabkan hipotermia. Jangan lupa juga untuk istirahat.

  1. Meninggalkan sampah

Salah satu prinsip pendaki yang bertanggung jawab adalah menjaga kelestarian alam. Bawalah turun semua sampahmu dan jangan tinggalkan di gunung.

Tidak hanya menjaga alam, kamu juga diwajibkan menjaga ekosistem yang ada di gunung. Jadi, cukup tinggalkan jejak kaki saja dan hindari lima kesalahan ini agar pendakianmu aman dan menyenangkan. Ingatlah, keselamatan adalah yang utama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *