BeritaPEMILU 2024

KPU Papua Selatan Launching Tahapan Pemilu Gubernur dan Wagub Tahun 2024

×

KPU Papua Selatan Launching Tahapan Pemilu Gubernur dan Wagub Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Launching tahapan Pilkada gubernur dan wagub tahun 2024 di Papua Selatan
Launching tahapan Pilkada gubernur dan wagub tahun 2024 di Papua Selatan

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Launching Tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan tahun 2024 oleh KPU Provinsi Papua Selatan berlangsung di Lapangan Kapsul Waktu Merauke, Jumat (10/5/2024).

Ketua Panitia, Jumadi dalam laporan panitianya menyampaikan tujuan melaksanakan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wagub tahun 2024, mensosialisasikan penyelenggara dan penyelenggaraan Pemilihan serentak tahun 2024 dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Mengubah pola pikir masyarakat bahwa Pemilihan serentak adalah satu proses yang menghibur dan menyenangkan.

Menjalin keterlibatan masyarakat sehingga masyarakat menjadi bagian penting dari setiap proses penyelenggara pemilihan serentak, serta menyebarluaskan informasi pemilihan Gubernur dan Wagub, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan.

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze menyampaikan apresiasi pimpinan KPU RI menghadiri launching sebagai bentuk dukungan dan semangat bagi KPU Papua Selatan dalam pelaksanaan tugas sebagai penyelenggara.

Kembali dikatakan proses Pemilu serentak 14 Februari lalu telah berjalan aman dan lancar, selanjutnya bersiap melaksanakan Pilkada yang proses dan tahapannya sudah dimulai.

“Waktu kita hanya sedikit tinggal enam bulan lagi pelaksanaan Pemilu. Kami berupaya semaksimal mungkin dalam mensukseskan kerja-kerja KPU dan kami tetap minta dukungan pemerintah dan seluruh elemen Papua Selatan untuk mengawali dan menyukseskan Pemilu serentak ini. Dengan dukungan kita semua, kami optimis Pilkada 2024 akan sukses,” tutur Theresia.

Pj Gubernur Papua Selatan melalui Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno menyampaikan, pemrov mendukung sepenuhnya semua tahapan dan kegiatan Pilkada 2024 berjalan dengan sukses. Dukungan Pemilu sebelumya Pemrov dan pihak terkait menyediakan Desk Pemilu dan tentunya akan menjadi agenda di Pilkada esok.

“Kami mengajak seluruh masyarakat di Papua Selatan mensukseskan seluruh tahapan Pilkada tahun ini untuk kita mendapatkan pimpinan gubernur dan wakil yang definitif,” ajak Joko.

Anggota KPU RI Idam Kholik mengutarakan,rasa bangganya ikut melaksanakan launching di Papua Selatan sekaligus mencatat sejarah mengikuti launching perdana di Daerah Otonomi Baru (DOB). Dikatakan, Pilkada di Papua Selatan sangat istimewa karena pelaksanaan pertama kali dalam sejarah setelah dimekarkan dari Papua induk.

“Kami mengekspresikan rasa bangga kami dan mengapresiasi terhadap KPU Papua Selatan dan Kabupaten/kota yang telah sukses menyelenggarakan Pemilu Presiden dan Pemilihan Anggy Legislatif lalu,” pungkas Idam dalam sambutannya disaksikan Forkopimda, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, serta para tamu undangan.

Sebagai penutup, dilakukan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wagub tahun 2024 ditandai dengan penekanan tombol dan pelepasan balon ke udara. KPU Papua Selatan mempunyai Maskot Pilkada Provinsi Papua Selatan bentuk burung urip.

Dengan sebutan SIPAS yang merupakan singkatan dari Siap Memilih Untuk Papua Selatan. Sipas adalah satu ekor burung urip, dipilih karena merupakan satwa yang ada di empat kabupaten yakni Merauke, Asmat, Boven Digoel, Mappi dan Asmat.

Dengan posisi mengangkat kaki sebelah dengan membuka kedua sayap menggambar semangat dan kegembiraan masyarakat Provinsi Papua Selatan dalam menanti dan melaksanakan Pilkada Gubernur dan Wagub untuk pertama kalinya.

Burung urip adalah burung yang cantik, lincah dan bisa berbicara meniru kata-kata manusia sehingga diharapkan dengan kecantikan dan kelincahannya dapat berdampak pada suksesnya Pilkada di Papua Selatan.

Warna hitam pada kepala dan baju memiliki arti ketegasan dan kemampuan dalam hal ini KPU Papua Selatan memiliki ketegasan dan kemampuan dalam menghadapi tantangan untuk menyukseskan Pilkada. Warna orange pada paruh atau moncong dan mata memiliki arti kehangatan dan keramahan KPU Papua Selatan mampu memberikan kehangatan dalam berhadapan dengan siapa saja.

Warna merah pada bagian badan memiliki arti berani, kekuatan, energi dan semangat dari KPU Papua Selatan dalam mensukseskan Pilkada. Warna hijau dan kuning pada sayap memiliki arti kedamaian untuk warna hijau menandakan optimis dan warna kuning KPU Provinsi Papua Selatan mampu bekerja dengan damai dan optimis. Selanjutnya warna biru pada bagian kaki memiliki arti kecerdasan sebagai penyelenggara Pilkada mampu menyukseskan Pilkada Gubernur dan Wagub.

Sipas menggunakan hiasan kepala dari bulu kasuari biasa dipakai oleh suku yang mendiami Papua Selatan. Memegang paku dan kertas menggambarkan masyarakat Papua Selatan siap memilih pada tanggal 27 Novi 2024, dan latar orange sedikit bercahaya menggambarkan besarnya harapan masyarakat terhadap pemimpin yang terpilih nantinya dapat membangun Papua Selatan semakin maju dan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *