BeritaPEMILU 2024Politik

KPU Kota Sorong Resmi Luncurkan Tahapan Pemilihan Walikota Wakil Walikota

×

KPU Kota Sorong Resmi Luncurkan Tahapan Pemilihan Walikota Wakil Walikota

Sebarkan artikel ini
Peluncuruan tahapan Pilkada Walikota Sorong dan wakil walikota Sorong tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan tifa. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Sorong remi luncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Sorong tahun 2024.

Peluncuruan tahapan pilkada itu ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketua KPU Kota Sorong dan diikuti oleh Ketua KPU Papua Barat Daya, Pj. Walikota Sorong dan Forkompinda, Kamis (9/5/2024) di halaman apel kantor walikota Sorong.

Ketua KPU Kota Sorong, Baltasar Beth Kambuaya dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang hadir dalam rangkaian acara tersebut.

“Tahun selain pelaksanaan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur yang serentak dilaksanakan seluruh Indonesia, kita juga akan melaksanakan pemilihan walikota dan wakil walikota Sorong,”ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Balthasar, sesuai dengan peraturan KPU Nomor 2 tahun 2024, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Oleh karena itu, dengan ditetapkannya peraturan KPU nomor 2 tahun 2024. KPU kota Sorong resmi melakukan peluncuran tahanan pemilihan walikota dan wakil walikota. Terkait program dan anggaran sudah dilaksanakan dari bulan Januari lalu, dan KPU kota Sorong saat ini sudah melaksanakan perekrutan PPD dan PPS,”jelasnya.

Baltasar juga mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah, TNI Polri, maupun tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa, serta insan pers agar pilkada 2024 serentak berjalan aman dan damai.

Pj. Walikota Sorong Septinus Lobat yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Sorong, Hendrikus Momot mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada KPU yang telah menyiapkan tahapan Pilkada dalam rangka pemilihan walikota Sorong.

Menurutnya, Pilkada yang akan dilaksanakan nanti merupakan proses demokrasi yang dilakukan di NKRI, secara khusus di Papua Barat Daya dan kota Sorong.

“Tentunya kita memasuki babak baru, yakni Pilkada walikota dan wakil Walikota.
Agenda nasional pemilu 2024 tanggal 14 Februari 2024 lalu berlangsung dengan baik, semua itu tidak terlepas dari dukungan dan sinergitas dari semua pihak,”ucapnya.

Sementara itu Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Kambu mengatakan bahwa semua mempunyai tanggung jawab yang sama untuk mensukseskan agenda pilkada, sebab momentum Pilkada ini akan membawa arah kebijakan Papua Barat Daya dan 5 kabupaten dan 1 kota.

“Saat ini kabupaten kota dan provinsi sedang menanti penerimaan syarat dukungan bakal calon perseorangan, apabila ada yang mendaftar perseorangan,”ujarnya.

Andarias menambahkan, apabila bakal calon perseorangan berstatus ASN, TNI Polri dan may mencalonkan diri tentunya melaporkan status pencalonan kepada pejabat pembina kepegawaian, baik provinsi maupun kabupaten kota.

Pada kesempatan tersebut juga Andarias mengajak para tamu undangan yang hadir agar terus memberikan pemahaman pendidikan politik, sehingga pada saat tanggal 27 November nanti partisipasi pemilih bisa meningkat.

“Karena suksesnya pemilu ditentukan oleh partisipasi pemilih yang sangat tinggi. Saya mengajak kita semua memberikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu karena tanpa dukungan kalian kita tidak dapat melaksanakan ini dengan baik,”pungkasnya.

Usai peluncuran tahapan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota juga dilangsungkan dengan pengumuman pemenang maskot pilkada 2024 Kota Sorong dan Jingle Pilkada.