BeritaDaerahHukumPendidikan

YLBH CCI Gelar Dialog Interaktif Dengan Tema “Dialektika Penerapan Hukum dan Pengembangan SDM di Era Revolusi Industri 5.0”

×

YLBH CCI Gelar Dialog Interaktif Dengan Tema “Dialektika Penerapan Hukum dan Pengembangan SDM di Era Revolusi Industri 5.0”

Sebarkan artikel ini
Pengamat Pembangunan SDM dan Pakar Pemberdayaan Masyarakat, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaludin, M.Hum,. MM, Ph.D bersama peserta, Foto Hizkia/TN.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Cendrawasih Celebes Indonesia (YLBH-CCI) mengadakan Dialog interaktif sehari bertempat di Vega Hotel Kota Sorong.

Kegiatan Dialog interaktif sehari tersebut diberikan tema : “Dialektika Penerapan Hukum dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 5.0”.

LBH CCI mengundang Peneliti Senior Asia E University, Pengamat Pembangunan SDM dan Pakar Pemberdayaan Masyarakat CES ID-CBFRM FMSRB Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaludin, M.Hum,. MM, Ph.D selaku narasumber utama.

Dalam penerapan materinya, Prof Drs Owin Jamasy Jamaludin memaparkan sosok paralegal adalah setiap orang yang berasal dari komunitas, masyarakat, atau pemberi bantuan hukum yang telah mengikuti Pelatihan Paralegal, tidak berprofesi sebagai Advokat dan tidak secara mandiri mendampingi penerima bantuan hukum di Pengadilan sesuai Permenkumham Nomor 3 tahun 2021 tentang Paralegal.

Pengamat Pembangunan SDM dan Pakar Pemberdayaan Masyarakat Kemendagri itu menyampaikan tugas paralegal meliputi penelitian hukum, menyusun dokumen hukum, mengkoordinasikan pertemuan klien, dan melakukan berbagai tugas
administratif terkait dengan kasus hukum.

Sementara itu, Direktur LBH CCI Adv Rusdi, S.H,. CFLE mengatakan kegiatan penyuluhan hukum yang digagas YLBH CCI tidak hanya terpusat di Kota Sorong. LBH CCI memiliki program kerja Tahun 2024 untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat di kampung-kampung sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar sadar hukum.

“Kegiatan ini tidak hanya di Kota Sorong namun sesuai Program LBH CCI kedepannya kita akan melakukan kegiatan penyuluhan hukum ke kampung-kampung sehingga memberikan pemahaman hukum agar masyarakat sadar hukum,” ujar Pendiri YLBH CCI Adv Rusdi, S.H.

Kegiatan dialog interaktif tersebut dihadiri tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Pemerintahan, serta melibatkan mahasiswi/i salah satu perguruan tinggi di Kota Sorong.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD