BeritaPolitik

Suku Maya Raja Ampat Yang Berwewenang Bicara Soal Keaslian AFU

×

Suku Maya Raja Ampat Yang Berwewenang Bicara Soal Keaslian AFU

Sebarkan artikel ini
Ketua Dasmaya Raja Ampat, Yohanes Arampele
Ketua Dasmaya Raja Ampat, Yohanes Arampele

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dewan Adat Suku Maya (Dasmaya) Raja Ampat meminta agar suku – suku asli Papua yang ada di atas wilayah adat Domberai untuk menghargai suku Maya yang mendiami Kepulauan Raja Ampat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Desmaya Raja Ampat, Yohanes Arempele melalui siaran pers yang diterima redaksi Teropong News, Rabu (17/4/2024).

Yohanes Arampele katakan pemberitaan yang lagi marak terkait keaslian Abdul Faris Umlati (AFU) yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Raja Ampat adalah sepenuhnya wewenang kami dari Suku Maya yakni Kepala Suku, Kepala Marga dan Komponen Adat untuk menjelaskan.

“Kita bicara dalam kerangka UU Otsus yang utuh. Untuk itu kami minta suku – suku lain agar tidak mencampuri urusan kesukuan suku Maya, karena akan ada konsekwensinya, ” tuturnya

Dikatakannya, “hanya komponen suku kami yang berhak bicara atas Silsilah dari Leluhur kami. Dan buat suku – suku lain kami minta agar kita saling menghormati. Jangan kita terpancing dan tergiring dengan panasnya suasana Pilkada.

Ketua Dasmaya ini mengajak para pelaku adat untuk mengedepankan adat dan etika, saling menghargai seperti yang telah dicontohkan oleh para leluruh kita.

“Sekali lagi kami meminta dengan tegas kepada siapapun dia, kalau bukan Suku Maya jangan sekali – kali mengklarifikasi hal – hal yang berkaitan dengan silsilah keturunan kami dari suku Maya. Silahkan berpendapat, tapi objektif dan tidak provokatif,” kata Yohanes Arampele menutup siaran persnya.